Senin, 03 Agustus 2009

Agama Samawi dan Agama Budaya

No. 08Mo25 Tafsir Tematis kontemporer

Agama Samawi lawan Agama Budaya
لَمْ يَكُنِ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ وَالْمُشْرِكِينَ مُنْفَكِّينَ حَتَّى تَأْتِيَهُمُ الْبَيِّنَةُ(1)رَسُولٌ مِنَ اللَّهِ يَتْلُو صُحُفًا مُطَهَّرَةً(2)فِيهَا كُتُبٌ قَيِّمَةٌ(3)وَمَا تَفَرَّقَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ إِلَّا مِنْ بَعْدِ مَا جَاءَتْهُمُ الْبَيِّنَةُ(4)وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ وَذَلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ(5)البينة 1-5)
Artinya: "Orang-orang kafir yakni ahli kitab dan orang-orang musyrik (mengatakan bahwa mereka) tidak akan meninggalkan (agamanya) sebelum datang kepada mereka bukti yang nyata, (yaitu) seorang Rasul dari Allah (Muhammad) yang membacakan lembaran-lembaran yang disucikan (Al Qur'an), di dalamnya terdapat (isi) kitab-kitab yang lurus. Dan tidaklah berpecah belah orang-orang yang didatangkan Al Kitab (kepada mereka) melainkan sesudah datang kepada mereka bukti yang nyata. Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan keta`atan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama dengan lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus"(S.108 Al-Bayyinah 1-5)
Tema&Sari Tilawah
1. Orang kafir, orang musyrik, orang Ahli Kitab mempunyai sikap yang sama.
2. Orang kafir, orang musyrik, Ahli Kitab tetap memegang teguh agama kepercayaannya
3. Orang-orang Ahli Kitab saling berselisih setelah kebangkitan Nabi Muhammad menjadi Rasul.
4. Orang-orang Ahli Kitab diperintah tidak lain kecuali supaya menyembah Allah yang Maha Esa dengan agama yang lurus
5. Mereka harus mendirikan shalat dan membayar zakat
6. Menyembah Allah yang Maha Esa, mendirikan shalat, dan membayar zakat itulah agama yang lurus.
Masalah dan analisa jawaban
1. Apa sebab orang-orang Ahli Kitab itu dikelompokkan ke dalam kelompok kafir dan musyrik? Ahli Kitab itu dicap sebagai kafir dan musyrik sebab mereka mengangkat makhluk-manusia menjadi anak Tuhan dan mengatur agama menurut akal mereka bukan dari wahyu dari Allah.
2. Bagaiamanakah agama Yahudi dan Nasrani itu yang benar? Agama Yahudi asal dari Kitab Taurat wahyu dari Allah yang dibawa oleh Nabi Musa dan agama Nasrani asal dari Kitab Injil wahyu dari Allah yang dibawa oleh Nabi 'Isa. Maka Nabi Musa maupun Nabi 'Isa itu mengajarkan agama Tauhid dan agama yang lurus.
3. Bagaimana cara menghadapi Ahli Kitab dan mengajak mereka kembali ke agama Tauhid yang lurus ? Meluruskan kaum agama Yahudi dan Nasrani harus dilakukan secara ilmiah mencari kebenaran yang tertinggi.
Pendalaman & penelitian
BAB SATU
Agama Samawi X Agama Budaya
Masalah ke-1: Apa sebab orang-orang Ahli Kitab itu dikelompokkan ke dalam kelompok kafir dan musyrik? Ahli KItab itu dicap sebagai kafir dan musyrik sebab mereka mengangkat makhluk-manusia menjadi Tuhan Anak dan mengatur agama menurut akal mereka bukan dengan wahyu dari Allah.
Yang dinamakan Ahli Kitab ialah kaum Yahudi dan Nasrani yang awalnya pengikut Nabi Musa dengan kitab suci Taurat lalu menjadi penganut agama Yahudi. Kaum Nasrani awalnya penganut Nabi 'Isa dengan kitab Injil-nya. Tetapi dalam perkembangannya makin jauh ditinggalkan Nabi Musa dan Nabi 'Isa maka agama Yahudi dan agama Nasrani berubah makin jauh dari asli ajaran para nabi. Bahkan Allah dalam Al-Quran memasukkan kaum Yahudi dan Nasrani ini menjadi orang kafir sebab mereka membuat tuhan-tuhan selain Allah. Maka Allah berfirman :
وَقَالَتِ الْيَهُودُ عُزَيْرٌ ابْنُ اللَّهِ وَقَالَتِ النَّصَارَى الْمَسِيحُ ابْنُ اللَّهِ ذَلِكَ قَوْلُهُمْ بِأَفْوَاهِهِمْ يُضَاهِئُونَ قَوْلَ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ قَبْلُ قَاتَلَهُمُ اللَّهُ أَنَّى يُؤْفَكُونَ(30)اتَّخَذُوا أَحْبَارَهُمْ وَرُهْبَانَهُمْ أَرْبَابًا مِنْ دُونِ اللَّهِ وَالْمَسِيحَ ابْنَ مَرْيَمَ وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا إِلَهًا وَاحِدًا لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ سُبْحَانَهُ عَمَّا يُشْرِكُونَ(31)(التوبة 30-31)
Artinya: " Orang-orang Yahudi berkata: "Uzair itu putera Allah" dan orang Nasrani berkata: "Al Masih itu putera Allah". Demikian itulah ucapan mereka dengan mulut mereka, mereka meniru perkataan orang-orang kafir yang terdahulu. Dila`nati Allah-lah mereka; bagaimana mereka sampai berpaling? Mereka menjadikan orang-orang alimnya, dan rahib-rahib mereka sebagai tuhan selain Allah, dan (juga mereka mempertuhankan) Al Masih putera Maryam; padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan Yang Maha Esa; tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan"(S.9 At-Taubat 30-31).
لَقَدْ كَفَرَ الَّذِينَ قَالُوا إِنَّ اللَّهَ هُوَ الْمَسِيحُ ابْنُ مَرْيَمَ قُلْ فَمَنْ يَمْلِكُ مِنَ اللَّهِ شَيْئًا إِنْ أَرَادَ أَنْ يُهْلِكَ الْمَسِيحَ ابْنَ مَرْيَمَ وَأُمَّهُ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ جَمِيعًا وَلِلَّهِ مُلْكُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا يخْلُقُ مَا يَشَاءُ وَاللَّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ ( الماءدة 17)
لَقَدْ كَفَرَ الَّذِينَ قَالُوا إِنَّ اللَّهَ هُوَ الْمَسِيحُ ابْنُ مَرْيَمَ وَقَالَ الْمَسِيحُ يَابَنِي إِسْرَائِيلَ اعْبُدُوا اللَّهَ رَبِّي وَرَبَّكُمْ إِنَّهُ مَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدْ حَرَّمَ اللَّهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ وَمَأْوَاهُ النَّارُ وَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ أَنْصَارٍ(72)الَّذِينَ قَالُوا إِنَّ اللَّهَ ثَالِثُ ثَلَاثَةٍ وَمَا مِنْ إِلَهٍ إِلَّا إِلَهٌ وَاحِدٌ وَإِنْ لَمْ يَنْتَهُوا عَمَّا يَقُولُونَ لَيَمَسَّنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ (الماءدة 72- 73)
Artinya:
"Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: "Sesungguhnya Allah itu ialah Al Masih putera Maryam". Katakanlah: "Maka siapakah (gerangan) yang dapat menghalang-halangi kehendak Allah, jika Dia hendak membinasakan Al Masih putera Maryam itu beserta ibunya dan seluruh orang-orang yang berada di bumi semuanya?" Kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi dan apa yang di antara keduanya; Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu"( S.5 Al-Maidah 17).
"Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: "Sesungguhnya Allah adalah Al Masih putera Maryam", padahal Al Masih (sendiri) berkata: "Hai Bani Israil, sembahlah Allah Tuhanku dan Tuhanmu" Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolongpun" (72).
"Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan: "Bahwasanya Allah itu ialah salah satu dari yang tiga", padahal sekali-kali tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Tuhan Yang Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan itu, pasti orang-orang yang kafir di antara mereka akan ditimpa siksaan yang pedih"(73)"(S.5 Al-Maidah 17& 72- 73).
Allah memasukkan mereka menjadi musyrik sebab mereka mengangkat manusia menjadi Tuhan disamping Allah, Dalam Al-Quran Allah berfirman :
لَمْ يَكُنِ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ وَالْمُشْرِكِينَ مُنْفَكِّينَ حَتَّى تَأْتِيَهُمُ الْبَيِّنَةُ(البينة1)
Artinya: " Orang-orang kafir yakni ahli kitab dan orang-orang musyrik (mengatakan bahwa mereka) tidak akan meninggalkan (agamanya) sebelum datang kepada mereka bukti yang nyata"(S.98 Al-Bayyinah 1).
Sebelum membahas masalah kafir, musyrik dan Ahli Kitab perlu kita memperhatikan pandangan para ulama dan para pakar berikut ini:
i. Asal usul agama
@ Asal usul agama dan doktrin agama
A. Menurut Ilmu Antropologi
Sayyid Quthub dalam tafsirnya (8h77) mencatat teori kaum orientalis bahwa agama itu asalnya dari faham dinamisme, yaitu suatu kepercayaan serba-jiwa, bahwa bukan hanya manusia dan hewan saja tetapi semua yang ada di alam ini mempunyai roh. Dari faham ini lalu berkembang kepada kepercayaan akan adanya larangan yang dinamakan "Tabu", maka dari sini kemudian berkembang kepercayaan kepada sihir, selanjutnya berkembang menjadi penyembahan kepada banyak dewa lalu dari faham banyak dewa berkembang secara logika menuju penyembahan kepada satu Dewa. Agama atau kepercayaan ini kemudian dikelompokkan kedalam agama Ardhi bahwa agama ini hasil dari akal manusia, lawannya ialah agama Samawi artinya agama asalnya dari langit yaitu dari Tuhan..
Pakar ilmu antropologi mencatat bahwa bangsa Yunani pada awalnya percaya kepada banyak dewa, tetapi kemudian berkembang mereka percaya bahwa dari banyak dewa ini menjadi yakin ada satu dewa yang paling besar. Perkembangan pikiran yang sama terdapat juga dalam kepercayaan bangsa Mesir Purba. Dan bangsa Arab Jahiliyah itupun juga meyakini bahwa Patung yang bernama Hubal adalah satu patung yang mempunyai kedudukan yang paling tinggi di atas 360 patung yang mereka sembah.
Demikian itulah jika kita berangkat mencari asal usul agama melalui ilmu manusia. Padahal jika kita telusuri lebih dalam lagi, maka manusia itu asalnya dari Adam atau manusia itu asalnya dari tanah, tanah asalnya dari bumi, bumi asalnya dari satu titik singularitas yang meledak dalam Dentuman Hebat "The Big Bang".
Menurut filsafat Ontologi dari Anselm(1109M) bahwa Tuhan itulah sesuatu yang tidak dapat dikalahkan dari segala seginya oleh apa dan siapapun juga. Menurut filsafat Kosmologi dari Aquinas (1274M) bahwa Tuhan itulah asal segala sebab. Menurut filsafat Teleologi dari Matews W.R. bahwa Tuhan itulah arsitek, perencana, pencipta, pengawas jalannya proses seluruh alam semesta ini.
Dari filsafat Ontologi, Kosmologi dan Teleologi ini maka dapat diyakini bahwa agama itu asalnya dari Tuhan. Dan menurut ajaran Islam Tuhan itulah yang menciptakan makhluq dan Tuhanlah yang membuat agama untuk seluruh makhluq. Agama dari Tuhan disampaikan kepada manusia melalui malaikat, nabi atau rasul berupa wahyu lalu dihimpun menjadi kitab suci. Sehingga menurut ajaran Islam asal usul agama itu ialah agama Tauhid ketuhanan yang Maha Esa atau monoteistis. Allah berfirman dalam Al-Quran:
إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ وَمَا اخْتَلَفَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ إِلَّا مِنْ بَعْدِ مَا جَاءَهُمُ الْعِلْمُ بَغْيًا بَيْنَهُمْ وَمَنْ يَكْفُرْ بِآيَاتِ اللَّهِ فَإِنَّ اللَّهَ سَرِيعُ الْحِسَابِ ( ال عمران 19)
Artinya: " Sesungguhnya agama (yang diridhai) di sisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya"(S.3 Ali 'Imran 19).
قُلْ ءَامَنَّا بِاللَّهِ وَمَا أُنْزِلَ عَلَيْنَا وَمَا أُنْزِلَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَاقَ وَيَعْقُوبَ وَالْأَسْبَاطِ وَمَا أُوتِيَ مُوسَى وَعِيسَى وَالنَّبِيُّونَ مِنْ رَبِّهِمْ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْهُمْ وَنَحْنُ لَهُ مُسْلِمُونَ(84)وَمَنْ يَبْتَغِ غَيْرَ الْإِسْلَامِ دِينًا فَلَنْ يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الْآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ (ال عمران 84- 85)
Artinya: " Katakanlah: "Kami beriman kepada Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepada Ibrahim, Isma`il, Ishaq, Ya`qub, dan anak-anaknya, dan apa yang diberikan kepada Musa, `Isa dan para nabi dari Tuhan mereka. Kami tidak membeda-bedakan seorangpun di antara mereka dan hanya kepada-Nya-lah kami menyerahkan diri. Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi"(S.3 Ali 'Imran 84-85).
Tetapi setan sukanya ialah membujuk manusia untuk mengangkat manusia menjadi Tuhan atau membuat tuhan-tuhan kemudian tuhan buatan manusia ini mereka jadikan sekutu Allah disembah dan dipuja. Maka dari itu para penyembah tuhan-tuhan buatan ini dinamakan musyrik artinya menyekutukan Tuhan atau menyembah banyak tuhan (politeistsme).
B. Menurut ajaran Islam
Para ulama membagi agama menjadi dua macam, yaitu agama Samawi dan agama Ardhi atau agama Langit dan agama Budaya. Agama Langit ialah bahwa agama itu asalnya dari Tauhid (Monoteistis) Tuhan itu Maha Esa, sedangkan agama Ardhi atau agama Budaya itu adalah agama hasil pemikiran akal manusia agama yang Politeistis menyembah banyak tuhan.
Agama orang musyrik ialah agama “Budaya” sehingga mereka menggambarkan sifat-sifat Tuhan disusun menurut akal mereka. Oleh karena itulah maka kaum musyrikin Arab Jahiliyah menjelang kebangkitan Nabi Muhammad menjadi Rasul menggambarkan Tuhan secara materialis-indrawi. Imam Ibnu Jari>r dalam tafsirnya (2h551) mencatat riwayat hadis bahwa Ra>fi’ ibnu H}uraimalah meminta kepada Rasulullah Saw. untuk dapat berbicara langsung dengan Allah. Maka Al-Qura>n S.2 Al-Baqarah 118 memberikan peringatan bahwa orang-orang jaman dahulu juga mengucapkan kata-kata seperti itu. Mereka menggambarkan Allah seperti manusia, jika Tuhan itu jauh mereka akan berdo’a dengan suara keras, jika dekat maka mereka akan berdo’a dengan suara lemah. Maka Allah lalu memberi peringatan melalui Al-Qura>n S. 2Al-Baqarah 186 bahwa Allah itu dekat dan mengabulkan do’a.
Adapun perbedaan agama langit dan ciri agama”Budaya” ada 6, yaitu sebagai berikut:
=================================================================
No. ! Agama Samawi ! Agama Budaya
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
1. ! Disiarkan oleh nabi atau rasul dari Allah ! Tidak mempunyai nabi atau rasul
2. ! Berpedoman kitab suci wahyu dari Allah ! Tidak mempunyai kitab dari Allah
3 ! Sistem kehidupan mengikuti aturan Allah ! Sistem kehidupan diatur oleh akal
4 ! Manusia tidak dapat mengubah agama ! Agama ditetapkan oleh manusia
5 ! Agama tidak luntur karena kritik akal ! Agama berubah sebab kritik akal
6 ! Konsep agama serba monoteistis ! Konsep agama bersifat politeistis-----

(i) Agama Budaya mempunyai 6 ciri-ciri, yaitu:
1. Asal agama tidak melalui nabi atau rasul utusan Tuhan;
2.Tidak mempunyai kitab suci yang dibawa oleh nabi atau rasul utusan Tuhan;
3.Sistem merasa dan berpikir masyarakatnya sangat terikat oleh sistem seluruh kehidupan;
4.Agama budaya sewaktu-waktu berubah karena perubahan mentalitas masyarakat penganutnya;
5.Ajaran agama budaya tidak kuat bertahan atas kritik oleh akal;
6.Konsep ketuhanan cenderung serba politeistis banyak tuhan.
(ii) Agama langit mempunyai 6 ciri, yaitu:
Agama langit khususnya agama Islam mempunyai 6 ciri, yaitu:
i. Disiarkan oleh nabi atau rasul utusan Tuhan, termaktub dalam Al-Quran S.2 Al-Baqarah 151.
كَمَا أَرْسَلْنَا فِيكُمْ رَسُولًا مِنْكُمْ يَتْلُو عَلَيْكُمْ ءَايَاتِنَا وَيُزَكِّيكُمْ وَيُعَلِّمُكُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَيُعَلِّمُكُمْ مَا لَمْ تَكُونُوا تَعْلَمُونَ (البقرة 151)
“Sebagaimana (Kami telah menyempurnakan ni`mat Kami kepadamu) Kami telah mengutus kepadamu Rasul di antara kamu yang membacakan ayat-ayat Kami kepada kamu dan mensucikan kamu dan mengajarkan kepadamu Al Kitab dan Al-Hikmah (As Sunnah), serta mengajarkan kepada kamu apa yang belum kamu ketahui”(S.2 Al-Baqarah 151)
ii. Mempunyai kitab suci yang dibawa oleh nabi atau rasul utusan Tuhan ( Lih.S.42 Asy- Syura 17);
اللَّهُ الَّذِي أَنْزَلَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ وَالْمِيزَانَ وَمَا يُدْرِيكَ لَعَلَّ السَّاعَةَ قَرِيبٌ (الشوري 17)
“Allah-lah yang menurunkan kitab dengan (membawa) kebenaran dan (menurunkan) neraca (keadilan). Dan tahukah kamu, boleh jadi hari kiamat itu (sudah) dekat?”(S42a17)
iii. Sistem kehidupan takluk dan mengarah kepada sistem dalam agama(Lih.S.17 Al-Isra` 81)
وَقُلْ جَاءَ الْحَقُّ وَزَهَقَ الْبَاطِلُ إِنَّ الْبَاطِلَ كَانَ زَهُوقًا (الاسراء81)
“Dan katakanlah: "Yang benar telah datang dan yang bathil telah lenyap". Sesungguhnya yang batil itu adalah sesuatu yang pasti lenyap”(s17a81)
iv. Mentalitas penganutnya tidak dapat mengubah agama, tetapi agama mengubah mentalitas penganutnya (Lih.S.23 Al-Mu`minun 71);
وَلَوِ اتَّبَعَ الْحَقُّ أَهْوَاءَهُمْ لَفَسَدَتِ السَّمَوَاتُ وَالْأَرْضُ وَمَنْ فِيهِنَّ بَلْ أَتَيْنَاهُمْ بِذِكْرِهِمْ فَهُمْ عَنْ ذِكْرِهِمْ مُعْرِضُونَ (المؤمنون 71)
“Andaikata kebenaran itu menuruti hawa nafsu mereka, pasti binasalah langit dan bumi ini, dan semua yang ada di dalamnya. Sebenarnya Kami telah mendatangkan kepada mereka kebanggaan mereka tetapi mereka berpaling dari kebanggaan itu”(s23a71).
V Kebenaran prinsip agama tidak luntur oleh kritik akal karena ajaran agama tersebut tidak bertentangan dengan akal(Lih.S2 Al-Baqarah 147);
الْحَقُّ مِنْ رَبِّكَ فَلَا تَكُونَنَّ مِنَ الْمُمْتَرِينَ (البفرة 147)
“Kebenaran itu adalah dari Tuhanmu, sebab itu jangan sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang ragu’(s2a147)
vi. Konsep agama serba monoteis, serba esa(QS.112 Al-Ikhlash 1-4).
قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ(1)اللَّهُ الصَّمَدُ(2)لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ(3)وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ (الاخلاص1-4)
“Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa, Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tiada pula diperanakkan, dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia"(s112a1-4).
Agama Islam adalah agama langit, dengan nabinya Muhammad dan kitab sucinya ialah Al-Quran. Menurut pandangan Islam Agama Nasrani itu berasal dari agama langit, yang dibawa oleh Nabi 'Isa dengan kitab sucinya Injil, tetapi dalam perkembangannya agama Nasrani ini mengalami erosi longsoran agama budaya. Nabi Isa diangkat menjadi Tuhan Anak, malaikat Jibril diangkat menjadi Tuhan Roh Kudus mempercayai Tuhan ada tiga (Tritunggal), Kitab Injil menampung rembesan teori akal dari luar wahyu.
Kebenaran Islam yang tidak dapat dikalahkan oleh agama lain ialah sifat ESA Allah yang Mutlak serba Maha, sedangkan kitab suci Al-Quran dengan bahasa Arabnya adalah bahasa yang tetap hidup mudah difaham terus abadi, naskahnya tidak ada satu hurufpun yang hilang dan tidak ada perubahan sama sekali, Al-Quran berisi ajaran dunia sekaligus akhirat, Al-Quran diperkuat dengan hadis, serta jaminan kebebasan berpikir dan pengembangan akal yang sehat yang menjamin keabadian agama Islam.
@ Bedanya Allah dengan berhala atau tuhan buatan manusia
Menurut ajaran Islam Allah itu mempunyai 20 sifat wajib dan 99 nama yang baik.
~ Sifat wajib yang 20 yaitu:(1)Wujud=Ada; (2)Qidam=Lebih dahulu; (3)Baqa`=Kekal; (4) Mukhalafatuhu lil Hawaditsi=Berbeda dari makhluk;(5) Qiyamuhu bi Nafsihi=Berdiri sendiri; (6)Wahdaniyat=Maha Esa; 7) Qudrat= Maha Kuasa; (8) Iradat =Berkehendak; (9)‘Ilmu= Berilmu; (10) Hayat= Hidup; (11)Sama’ =Mendengar; (12) Bashar= Melihat;(13) Kalam= Berkata; (14)Qadiran=Yang Maha Kuasa; (15)Muridan =Yang menghendaki; (16)’Aliman= Yang Maha Mengetahui; (17) Hayyan= Yang Maha Hidup; (18)Sami’an=Yang Maha Mendengar;(19) Bashiran=Yang Maha Awas; (20)Mutakalliman= Yang Maha Berbicara.
~Al-Asma`ul Husna: Allah itu mempunya 99 nama yang baik, Allah berfirman di dalam Al-Quran:
قُلِ ادْعُوا اللَّهَ أَوِ ادْعُوا الرَّحْمَنَ أَيًّا مَا تَدْعُوا فَلَهُ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَى وَلَا تَجْهَرْ بِصَلَاتِكَ وَلَا تُخَافِتْ بِهَا وَابْتَغِ بَيْنَ ذَلِكَ سَبِيلًا(110)(الاسراء)
Artinya: “
“Katakanlah: "Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai Al -Asmaaul Husna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu (s.17 Al-Isra`110)
اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ لَهُ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَى (طه8 )
“Dialah Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Dia mempunyai Al-Aasmaaul husna (nama-nama yang baik”(S.20 Thaha 8).
Secara ringkas dari 99 nama Al-Asmaul Husna tersebut termaktub dalam Al-Quran sebagai berikut:
هُوَ اللَّهُ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيمُ(22)هُوَ اللَّهُ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْمَلِكُ الْقُدُّوسُ السَّلَامُ الْمُؤْمِنُ الْمُهَيْمِنُ الْعَزِيزُ الْجَبَّارُ الْمُتَكَبِّرُ سُبْحَانَ اللَّهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ(23)هُوَ اللَّهُ الْخَالِقُ الْبَارِئُ الْمُصَوِّرُ لَهُ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَى يُسَبِّحُ لَهُ مَا فِي السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ(24)(الحشر)
Artinya: “Dia-lah Allah Yang tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Yang Mengetahui yang ghaib dan yang nyata, Dia-lah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Dia-lah Allah Yang tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala keagungan, Maha Suci, Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dia-lah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Nama-Nama Yang Paling baik. Bertasbih kepada-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Dan Dia-lah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana”(S.59 Al-Hasyr 22-24)
Adapun berhala atau tuhan buatan manusia itu tidak mempunyai sifat seperti Allah dalam agama Tauhid. Jika seandainya berhala tadi mempunyai sifat yang mirip dengan sifat Allah, maka dia hanya mempunyai salah satu sifat atau 3 sifat saja
misalnya : 1)Pencipta, 2)Pemelihara, 3)Perusak, jumlahnya tidak dapat mengalahkan 20 sifat Allah, lebih-lebih nama-nama yang 99 itu, maka sifat tuhannya orang musyrik atau agama berhala tidak mungkin menyamai Al-Asma`ul Husna nama-nama Allah. Bahkan 3 sifat atau macam-macam sifat tuhan buatan manusia itu jumlah dan jenis sifatnya adalah sifat yang dibuat oleh manusia yang mengangkat dia menjadi tuhannya.
*Sayid Quthub dalam tafsirnya (6h317) dalam membahas Al-Quran S.42 Asy-Syura ayat 1-24 menekankan bahwa agama itu asalnya dari Allah menunjuk ayat berikut :
شَرَعَ لَكُمْ مِنَ الدِّينِ مَا وَصَّى بِهِ نُوحًا وَالَّذِي أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ وَمَا وَصَّيْنَا بِهِ إِبْرَاهِيمَ وَمُوسَى وَعِيسَى أَنْ أَقِيمُوا الدِّينَ وَلَا تَتَفَرَّقُوا فِيهِ كَبُرَ عَلَى الْمُشْرِكِينَ مَا تَدْعُوهُمْ إِلَيْهِ اللَّهُ يَجْتَبِي إِلَيْهِ مَنْ يَشَاءُ وَيَهْدِي إِلَيْهِ مَنْ يُنِيبُ(الشوري 13)
Artinya:
"Dia telah mensyari`atkan kamu tentang agama apa yang telah diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu dan apa yang telah Kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa dan Isa yaitu: Tegakkanlah agama dan janganlah kamu berpecah belah tentangnya. Amat berat bagi orang-orang musyrik agama yang kamu seru mereka kepadanya. Allah menarik kepada agama itu orang yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada (agama) -Nya orang yang kembali (kepada-Nya)"(S.42 Asy-Syura 13).
Sayyid Quthub dalam kitab itu mencatat bahwa orang musyrik itu tidak mengikuti Rasulullah Saw sebab karena dengki, hasud, zalim, sebabnya karena pengaruh hawa nafsu yang sesat. Mereka menyandarkan kepercayaannya tidak berdasarkan akidah dan akal yang sehat tidak menggunakan metode yang lurus, walaupun hati mereka tampaknya bersih dan tulus, maka Allah mengirim azab atas mereka.
Biasanya setelah ditinggal oleh nabi maka kaum itu menjadi malas, sesat dan ragu, Allah berfirman dalam Al-Quran:
وَمَا تَفَرَّقُوا إِلَّا مِنْ بَعْدِ مَا جَاءَهُمُ الْعِلْمُ بَغْيًا بَيْنَهُمْ وَلَوْلَا كَلِمَةٌ سَبَقَتْ مِنْ رَبِّكَ إِلَى أَجَلٍ مُسَمًّى لَقُضِيَ بَيْنَهُمْ وَإِنَّ الَّذِينَ أُورِثُوا الْكِتَابَ مِنْ بَعْدِهِمْ لَفِي شَكٍّ مِنْهُ مُرِيبٍ الشوري 14}
Artinya: "Dan mereka (ahli kitab) tidak berpecah belah melainkan sesudah datangnya pengetahuan kepada mereka karena kedengkian antara mereka. Kalau tidaklah karena sesuatu ketetapan yang telah ada dari Tuhanmu dahulunya (untuk menangguhkan azab) sampai kepada waktu yang ditentukan, pastilah mereka telah dibinasakan. Dan sesungguhnya orang-orang yang diwariskan kepada mereka Al-Kitab (Taurat dan Injil) sesudah mereka, benar-benar berada dalam keraguan yang menggoncangkan tentang kitab itu"(S.42 Asy-Syura 14)
Sekarang ini di lingkungan Islam timbul kelompok orang yang mengaku Islam tetapi melecehkan atau mengingkari hadis. Para ulama menamakan mereka itu kaum Inkarus Sunnah, bahkan ada lagi kelompok yang melecehkan Al-Quran dan hadis sekaligus lebih mengunggulkan akal. Mereka ini meragukan otentisitas penulisan hadis dan lebih berbahaya lagi meragukan kesucian Al-Quran dengan mengatakan bahwa Al-Quran Mushaf 'Usman itu buatan tangan kemudian dikuatkan dengan kekerasan oleh khalifah 'Usman buktinya khalifah memerintahkan membakar semua naskah diluar Mushaf 'Usman.
Menurut kelompok ini naskah yang dapat dipercaya ialah naskah yang diketemukan belum lama ini di Yaman Selatan yang tertinggal tidak sampai dibakar oleh khalifah 'Usman dan bawahannya. Padahal menurut keputusan ulama begitu selesai pembukuan Al-Quran oleh khalifah 'Usman itu maka para ulama sepakat menetapkan bahwa tulisan Al-Quran yang benar ialah mushaf yang memenuhi 3 syarat, yaitu:
1) Tulisan dan bunyinya bernilai Mutawatir.
2) Tidak bertentangan dengan tata bahasa Arab.
3) Tulisan dan bunyinya cocok dengan Mushaf 'Usman.
Orang yang meragukan Al-Quran hasil pembukuan jaman khalifah 'Usman ini hukumnya kafir sama dengan tidak mempunyai kitab dari Allah melalui Rasulullah Saw. Kelompok tersebut sesumbar akan membuat Al-Quran sendiri dan menolak Al-Quran Mushaf 'Usmani. Mereka keluar dari agama Samawi menolak kenabian Muhammad, tidak menganggap suci Mushaf 'Usmani bahkan mereka berusaha keras untuk mengubah isi Kitab Suci Al-Quran yang sudah diakui syah oleh seluruh umat manusia secara internasional yang bunyi dan hurufnya tersimpan sekarang didalam CD-DVD dapat dilihat dan didengar melalui komputer dan bahasa Arabnya tetap hidup mudah difaham selama ribuan tahun sejak dahulu sampai sekarang ini.
Singkatnya ialah bahwa Agama Budaya ialah agama di luar agama Islam, Yahudi dan Nasrani, yaitu agama Hindu, Budha, Kong Hu Chu, Shinto, Tao dan semua yang mempunyai 6 buah ciri agama Budaya itu.
@ Kaum Ahli Kitab itu kafir dan musyrik
* Kitab Al-Anajil wal 'Aqidah (1h105) dalam judul Agama Masehi & Paganisme mencatat bahwa agama Masehi itu diajarkan untuk membodohi umat melalui pengangkatam Nabi 'Isa menjadi Tuhan Anak dan mengangkat malaikat Jibril menjadi Tuhan Roh Kudus dengan memaksa bahwa akal harus menerimanya. Mereka dikelompokkan kedalam kelompok kafir dan musyrik sebagaimana ditegaskan oleh Allah dalam S.5 Al-Maidah 17, 72-73 serta S.98 Al-Bayyinah terurai di atas. Agama Yahudi bukan hanya mengangkat Nabi 'Uzair menjadi Anak Tuhan, menurut Allah kaum Yahudi itu kafir atau musyrik sebab mereka menyembah pendeta dan rahib diwujudkan dalam ketakutan dan ketaatannya yang berlebih-lebihan mengalahkan takut dan taatnya kepada Allah persis sama dengan kaum Nasrani (Kristen) yang beriman yakin kepada uskup-pastur-pendetanya menganggap sebagai Tuhan bertaubat dan memohon ampun kepada Uskup, pastur, pendeta dan imam gereja bukan kepada Tuhan. Allah berfirman dalam Al-Quran :
اتَّخَذُوا أَحْبَارَهُمْ وَرُهْبَانَهُمْ أَرْبَابًا مِنْ دُونِ اللَّهِ وَالْمَسِيحَ ابْنَ مَرْيَمَ وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا إِلَهًا وَاحِدًا لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ سُبْحَانَهُ عَمَّا يُشْرِكُونَ(التوبة 31)
Artinya: "Mereka menjadikan orang-orang alimnya, dan rahib-rahib mereka sebagai tuhan selain Allah, dan (juga mereka mempertuhankan) Al Masih putera Maryam; padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan Yang Maha Esa; tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan"(S.9 At-Taubat 31).
Dalam agama Yahudi tidak ada ajaran Tritunggal dan tidak ada ajaran dosa warisan.
* Para pakar menyatakan bahwa agama Masehi itu hasil rekayasa akal yaitu agama ajaran Nabi 'Isa dicelup dengan budaya Romawi. Allah berfirman di dalam Al-Quran:
وَمِنَ الَّذِينَ قَالُوا إِنَّا نَصَارَى أَخَذْنَا مِيثَاقَهُمْ فَنَسُوا حَظًّا مِمَّا ذُكِّرُوا بِهِ فَأَغْرَيْنَا بَيْنَهُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاءَ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَسَوْفَ يُنَبِّئُهُمُ اللَّهُ بِمَا كَانُوا يَصْنَعُونَ( الماءدة 14)
Artinya: " Dan di antara orang-orang yang mengatakan: "Sesungguhnya kami ini orang-orang Nasrani", ada yang telah Kami ambil perjanjian mereka, tetapi mereka (sengaja) melupakan sebahagian dari apa yang mereka telah diberi peringatan dengannya; maka Kami timbulkan di antara mereka permusuhan dan kebencian sampai hari kiamat. Dan kelak Allah akan memberitakan kepada mereka apa yang selalu mereka kerjakan"(S.5 Al-Maidah 14).
(*) Catatan sejarah
Prof.Abu Zahrah dalam bukunya Agama Masehi (1960:118) mencatat bahwa pengangkatan Nabi 'Isa menjadi Tuhan Anak adalah karena usul Konstantin Kaisar Romawi, lalu diselenggarakan Konsili tahun th.325 M di Nikea. Kemudian ditetapkan oleh 318 uskup suatu keputusan mengangkat Nabi 'Isa menjadi Tuhan Anak mengikuti teori Athanasius (373M) yang dilawan oleh 1700 uskup dipelopri oleh uskup Arius (336M). Konsili juga menetapkan Kitab Injil hanya empat saja, maka Encyclopaedia Britanica (ii:106) mencatat nama-nama 47 Kitab Injil dan Kitab Suci yang ditetapkan tahun 325 M itu sebagai Apocriva dan tidak dimasukkan ke dalam Bibel. Kemudian Ensklopedi Encarta 2006 mencatat ada 100 kitab yang tidak dimasukkan ke dalam Perjanjian Baru padahal kitab ini ditulis oleh kaum Nasrani abad 2 sampai abad ke-4 dan isinya semua senada dengan Kitab Perjanjian Baru (Lih. J. Louis Martyn-Encarta 2006).
Pada Konsili di Konstantnopel tahun 381M maka 150 uskup menetapkan malaikat Jibril menjadi Tuhan Roh Kudus. Dengan ketetapan ini maka agama Trinitas atau Trtunggal ini menjadi lengkap, yaitu Tuhan Bapa, Tuhan Anak dan Tuhan Roh Kudus. Jika diperbandingkan maka umat agama Hindu percaya kepada Tuhan Trimurti terdiri dari Brahma. Winsu, Siwa dengan kedudukan Brahma sebagai Pencipta, Wisnu sebagai pemelihara dan Siwa sebagai perusak.

BAB DUA
Agama Yahudi dan Nasrani
Masalah ke-2: Bagaimanakah agama Yahudi dan Nasrani itu yang benar? Agama Yahudi asal dari ajaran dari Kitab Taurat Nabi Musa dan agama Nasrani asal dari ajaran Nabi 'Isa dan Nabi Musa maupun Nabi 'Isa mengajarkan agama Tauhid dan agama yang lurus.
Sepuluh Hukum Taurat atau The Ten Commandments merupakan ajaran yang masih tertinggal yang masih dipercaya oleh kaum Yahudi, kaum Nasrani dan diakui oleh Al-Quran dan hadis Rasulullah Saw ialah Kitab Keluaran 20 ayat 1-17 dalam Bibel-Perjanjian Lama yang redaksi yang sedikit berbeda tercatat dalam Al-Quran S.17 Al-Isra` 101 dan dalam hadis Turmudzi no.3069 berikut:
وَلَقَدْ ءَاتَيْنَا مُوسَى تِسْعَ ءَايَاتٍ بَيِّنَاتٍ فَاسْأَلْ بَنِي إِسْرَائِيلَ إِذْ جَاءَهُمْ فَقَالَ لَهُ فِرْعَوْنُ إِنِّي لَأَظُنُّكَ يَامُوسَى مَسْحُورًا( الاسراء 101)
Artinya: " Dan sesungguhnya Kami telah memberikan kepada Musa sembilan buah mu`jizat yang nyata, maka tanyakanlah kepada Bani Israil, tatkala Musa datang kepada mereka lalu Fir`aun berkata kepadanya: "Sesungguhnya aku sangka kamu, hai Musa, seorang yang kena sihir"(S.17 Al-Isra` 101).
عَنْ صَفْوَانَ بْنِ عَسَّالٍ أَنَّ يَهُودِيَّيْنِ قَالَ أَحَدُهُمَا لِصَاحِبِهِ اذْهَبْ بِنَا إِلَى هَذَا النَّبِيِّ نَسْأَلُهُ فَقَالَ لَا تَقُلْ نَبِيٌّ فَإِنَّهُ إِنْ سَمِعَهَا تَقُولُ نَبِيٌّ كَانَتْ لَهُ أَرْبَعَةُ أَعْيُنٍ فَأَتَيَا النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَسَأَلَاهُ عَنْ قَوْلِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ ( وَلَقَدْ آتَيْنَا مُوسَى تِسْعَ آيَاتٍ بَيِّنَاتٍ ) فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ(1) لَا تُشْرِكُوا بِاللَّهِ شَيْئًا(2) وَلَا تَزْنُوا (3)وَلَا تَقْتُلُوا النَّفْسَ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلَّا بِالْحَقِّ(4) وَلَا تَسْرِقُوا (5)وَلَا تَسْحَرُوا(6) وَلَا تَمْشُوا بِبَرِيءٍ إِلَى سُلْطَانٍ فَيَقْتُلَهُ(7) وَلَا تَأْكُلُوا الرِّبَا (8)وَلَا تَقْذِفُوا مُحْصَنَةً(9) وَلَا تَفِرُّوا مِنَ الزَّحْفِ شَكَّ شُعْبَةُ (10) وَعَلَيْكُمْ يَا مَعْشَرَ الْيَهُودِ خَاصَّةً لَا تَعْدُوا فِي السَّبْتِ فَقَبَّلَا يَدَيْهِ وَرِجْلَيْهِ وَقَالَا نَشْهَدُ أَنَّكَ نَبِيٌّ قَالَ فَمَا يَمْنَعُكُمَا أَنْ تُسْلِمَا قَالَا إِنَّ دَاوُدَ دَعَا اللَّهَ أَنْ لَا يَزَالَ فِي ذُرِّيَّتِهِ نَبِيٌّ وَإِنَّا نَخَافُ إِنْ أَسْلَمْنَا أَنْ تَقْتُلَنَا الْيَهُودُهَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ (رواه الترمذي3069)
Artinya: “Dari Shafwan ibnu ’Assal bahwa ada dua orang Yahudi yang seorang berbisik kepada rekannya: “Mari kita menghampiri Nabi ini mempertanyakan soal 9 ayat (dalam Al-Quran S.17 Al-Isra` 101); Kemudian keduanya mendekati Nabi Muhammad Saw. bersama-sama mempertanyakan bagaimana makna dari 9 ayat dimaksud. Maka beliau menjawab: “ Yang dimaksud dengan 9 ayat (dalam Q.S 17 Al-Isra` 101) itu ialah:(1)Betul-betul jangan kamu musyrik; (2) Jangan kamu berzina (3) Jangan kamu membunuh jiwa yang diharamkan oleh Allah, kecuali di fihak yang benar; (4) Jangan kamu mencuri; (5) Jangan kamu berbuat sihir; (6) Jangan kamu membawa seseorang yang bersih kepada penguasa untuk dibunuh; (7) Jangan kamu memakan riba; (8) Jangan kamu menuduh zina perempuan terhormat;(9)Jangan kamu melarikan diri dari perang sabil; (10)Khuusus untuk kaum Yahudi wajib mentaati ibadah hari Sabtu. Maka kedua orang Yahudi ini lalu mencium tangan Rasulullah Saw dan kaki beliau kemudian keduanya menyatakan: “Kami bersaksi bahwa tuan adalah Nabi . Beliau bertanya: “Apa yang menghalangi anda untuk masuk Islam?” Mereka menjawab bahwa Nabi Dawud berdo’a jangan ada nabi diluar anak keturunan Dawud. Dan jika kami masuk Islam kami takut dibunuh oleh kaum Yahudi (HR At-Turmudzi 3069).
Menuurut Al-Quran kaum Yahudi itu cenderung lebih dengki kepada kaum muslimin sebaliknya kaum Nasrani terutama para pendeta dan rahib mereka cenderung lebih dekat dengan kaum muslimin. Allah berfirman dalam Al-Quran:
لَتَجِدَنَّ أَشَدَّ النَّاسِ عَدَاوَةً لِلَّذِينَ ءَامَنُوا الْيَهُودَ وَالَّذِينَ أَشْرَكُوا وَلَتَجِدَنَّ أَقْرَبَهُمْ مَوَدَّةً لِلَّذِينَ ءَامَنُوا الَّذِينَ قَالُوا إِنَّا نَصَارَى ذَلِكَ بِأَنَّ مِنْهُمْ قِسِّيسِينَ وَرُهْبَانًا وَأَنَّهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُونَ(82)وَإِذَا سَمِعُوا مَا أُنْزِلَ إِلَى الرَّسُولِ تَرَى أَعْيُنَهُمْ تَفِيضُ مِنَ الدَّمْعِ مِمَّا عَرَفُوا مِنَ الْحَقِّ يَقُولُونَ رَبَّنَا ءَامَنَّا فَاكْتُبْنَا مَعَ الشَّاهِدِينَ( الماءدة 83)
Atinya: " Sesungguhnya kamu dapati orang-orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman ialah orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik. Dan sesungguhnya kamu dapati yang paling dekat persabahatannya dengan orang-orang yang beriman ialah orang-orang yang berkata: "Sesungguhnya kami ini orang Nasrani". Yang demikian itu disebabkan karena di antara mereka itu (orang-orang Nasrani) terdapat pendeta-pendeta dan rahib-rahib, (juga) karena sesungguhnya mereka tidak menyombongkan diri. Dan apabila mereka mendengarkan apa yang diturunkan kepada Rasul (Muhammad), kamu melihat mata mereka mencucurkan air mata disebabkan kebenaran (Al Qur'an) yang telah mereka ketahui (dari kitab-kitab mereka sendiri); seraya berkata: "Ya Tuhan kami, kami telah beriman, maka catatlah kami bersama orang-orang yang menjadi saksi (atas kebenaran Al Qur'an dan kenabian Muhammad s.a.w."(S.5 AlMaidah 82-83).
Agama Yahudi dan agama Nasrani asalnya adalah agama Samawi (Revealed Religion) yang diajarkan oleh para nabi yang intinya ialah kepercayaan Tauhid bahwa Allah itu Maha Esa, Mutlak serba Maha, tidak mempunyai anak dan tidak ada sekutu yang mengurangi sifat mutlak Allah.
Allah berfirman dalam Al-Quran tentang asal usul agama:
1) Agama Allah itu dibawa dan diajarkan oleh nabi&rasul (S.2 Al-Baqarah 151).
2) Agama disisi Allah hanya agama Islam (S.3Ali 'Imran 19-20)
3) Agama selain Islam ditolak oleh Allah (S.3 Ali 'Imran 85)
4) Agama semua nabi itu agama Tauhid-Islami(S.21 Al-Anbiya 25)
5) Nabi Nuh mengajarkan Islam (S.10 Yunus 72),
6) Wasiat Nabi Ibrahim kepada anak cucu supaya tetap Islam (S.2 Al-Baqarah 128, 132.
7) Nabi Yusuf berdo'a mohon mati dalam Islam (S.12 Yusuf 101).
8) Nabi Musa meminta kaumnya supaya beragama Islam (S.10 Yunus 84) dan mati dalam Islam (S.7 Al-A'raf 126).
9) Ratu Bilqis masuk Islam ikut Nabi Sulaiman(S.27An-Naml 42).
10) Kitab Taurat menyeru umat manusia supaya beragama Islam (S.5 Al-Maidah 44).
11) Kaum Hawari, 12 murid-murid Nabi 'Isa mengucapkan Ikrar akan tetap menganut Islam (S.5 Al-Maidah 111).
12) Nabi Muhammad penganut awal Islam (S39 Az-Zumar 12).
13) Seluruh umat Muhammad bersaksi untuk tetap dalam Islam (S.41 Fushshilat 33). (Semua yang di atas termaktub dalam AlQuran disebut dengan Islam atau Muslim).
Dari uraian di atas ini maka sebenarnya agama Yahudi dan agama Nasrani itu hakikatnya adalah Islam dalam pengertian Islam itu ialah menyerah, menyerah sepenuhnya kepada Allah. Ajaran agama Yahudi dan Nasrani seharusnya senada dengan ajaran Islam yang dibawa oleh Muhammad Saw berpegang teguh kepada Kitab Suci Al-Quran.
BAB TIGA
Tugas orang Islam atas Ahli Kitab
Masalah ke-3: Bagaimana cara menghadapi Ahli Kitab dan mengajaknya kembali ke agama Tauhid yang lurus ? Al-Quran sudah memberikan pedoman sikap dan usaha umat Islam untuk meluruskan agama Yahudi dan Nasrani ke jalan yang benar, namun harus dilakukan secara metodik dedaktis ilmiah mencari kebenaran yang tertinggi.
Pedoman sikap dan usaha umat Muhammad untuk meluruskan kaum Yahudi dan Nasrani agar supaya mereka kembali kepada agama yang benar ialah dengan jalan yang sesuai dengan pedoman dari Allah dalam Al-Quran pada ayat-ayat berikut :
I. Asas landasan dakwah ajakan kejalan Allah:
Mengajak siapa saja untuk mengikuti agama Islam harus berdasarkan metodik-dedaktik Ilmu DakwahAl-Quran S.16 An-Nahl 125, S.20 Thaha 44 dan S.14 Ibrahim 4:
Ad 1.S.16 An-Nahl 125: Dakwah harus memenuhi 3 prinsip, yaitu (1)Bikjaksana. (2)Positif. menggembirakan. (3) Modal yang kuat.
Ad 2. S.20 Thaha 44: Bahwa mengajak orang untuk mentaati agama Allah itu harus dengan berhalus budi, jangan sampai berlaku kasar kepada mereka yang diajak itu.
Ad 3 S.14 Ibrahim 4: Bahwa mengajak orang untuk mentaati agama Allah itu harus dengan bahasa mereka yang diharap suka mengikuti ajakannya. Maksudnya ialah bahwa dialog atau mengajaknya harus memperhatikan situasi dan kndisi mereka yang diajak untuk mentaati agama Allah.
II. Materi dan sarana ajakan & dakwah
Berikut beberapa ayat berkenaan dengan sikap, alat ukur atau materi dakwah sebagai termaktub dalam Al-Quran berikut:
1) S.5 Al-Maidah 48 menentukan bahwa Al-Quran itu menjadi batu ujian terhadap kitab-kitab yang dianggap suci oleh suatu agama atau aliran mana saja.
2) S. 3 Ali 'Imran 64 menyatakan bahwa kita semua harus kembali kepada agama Tauhid, tidak boleh mengangkat manusia menjadi Tuhan lalu disembah.
3) S.5 Al-Maidah 15 menyatakan bahwa kaum Nasrani telah menyembunyikan dan melengahkan banyak-banyak isi kitab suci Al-Kitab
4) S.5 Al-Maidah 68 menyatakan bahwa kaum Nasrani harus kembali menepati dan mentaati asli kitab suci Taurat dan Injil.
5) S.3 Ali 'Imran 19 menyatakan bahwa agama disisi Allah adalah agama Islam.
6) S.3 Ali 'Imran 65 mempertanyakan apa sebab kaum Yahudi dan Nasrani berdebat mengenai Nabi Ibrahim, padahal kitab Taurat dan Injil turun sesudah wafat Nabi Ibrahim.
7) S.3 Ali 'Imran 70 mempertanyakan apa sebab Kaum Ahli Kitab kufur kepada ayat-ayat Kitab Suci padahal mereka menyaksikan.
8) S.3 Ali 'Imran 71 mempertanyakan kepada Kaum Ahli Kitab apa sebab mereka mencampur adukkan barang yang benar dengan yang tidak benar padahal mereka itu mengerti.
9) S.4 an-Nisa` 171 menyatakan bahwa kaum Ahli Kitab dilarang berbuat keterlaluan dalam agama dan Nabi 'Isa putera Maryam itu Rasul utusan Allah lahir dari ciptaan Allah pada diri Maryam mereka dilarang mengatakan Tritunggal. Allah itu Maha Suci tidak mungkin mempunyai anak.
10) S.3 Ali 'Imran 67 menyatakan bahwa agama Nabi Ibrahim itu bukan Yahudi bukan Nasrani, tetapi beragama Hanif suatu agana yang lurus muslim bukan musyrik.
Ada beberapa bacaan yang mencatat beberapa kelemahan agama Kristen atau kaum Salib dan kitab Bibel sekarang ini, yaitu:
• Molyadi Samuel AM dalam bukunya Dokumen Pemalsuan Al-Kitab (Bibel) mencatat ada 564 kontradiksi ayat-ayat dalam Bibel dan diuraikan dalam buku itu hanya 202 pertentangan antar ayat dalam Al-Kitab (Bibel) dalam Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.
• Hj.Irena Handono dalam bukunya Islam Dihujat menunjuk ayat-ayat dalam Al-Kitab (Bibel), 7 contoh ayat porno, 15 contoh ayat yang melecehkan Tuhan, 12 contoh ayat yang melecehkan para nabi utusan Allah, 3 contoh ayat yang irrasional tidak masuk akal, 8 contoh ayat yang tidak dapat diamalkan, 5 contoh ayat yang ramalannya tidak terbukti, 29 contoh ayat yang bertentangan dalam Perjanjian Lama, 20 contoh ayat yang bertentangan dalam Perjanjian Baru, 36 contoh ayat yang meragukan. Semua ini diakui oleh teolog Kristen DR.GC Van Niftrik, DR B.J. Bolland, DR.Mr.D.C. Mulder, DR. Welter Lempp, DR. R Sudarmo.
• DR. Maurice Bucille dalam bukunya La Bible, Le Coran et La Science menyimpulkan bahwa telah terjadi perobahan, kontradiksi, betentangan dengan ilmu pengetahuan modern dalam Kitab Pejanjian Lama. Kemudian terhadap Injil-Kitab Perjanjian Baru dikatakan bahwa dengan membaca Kitab Injil secara keseluruhan maka hasilnya akan menimbulkan kebingungan pembacanya disebabkan karena kitab itu telah mengalami perubahan dan kontradiksi.
• Buku Al-Quran berbicara tentang Kristen tulisan Imam Muchlas dan Masyhud SM (1999:154) mencatat 14 contoh dan 23 ayat dalam Alkitab atau Bibel yang membuktikan bahwa Yesus itu bukan Tuhan.
• Menurut DR. John Cornelis Pan Ratu alumni lulusan Seminari Katholik tertinggi Roma bahwa agama yang benar ialah agama Islam. Ini tercatat dalam siaran TVRI Jakarta pada Senen 3 April 2006 jam 5.oo. TVRI ini meyiarkan kisah sebagai berikut:
John Cornelis Pan Ratu asal Kupang Timor. Jon Cornelis seorang lulusan TK, SD, SMP, SMA, S.1 dan S.2 sampai Seminari yang paling tinggi sekolahnya di sekolah Katholik, gelar Doktornya dicabut atau ijazahnya tidak diserahkan, sebab dia berani masuk Islam 1994 dia masuk Islam dengan nama Ahmad Ismail, meninggalkan agama Katholik. Bukan hanya dicabut Doktornya oleh Sri Paus, dia dipulangkan ke Kupang sampai di Kupang dia disiksa setengah mati, sakit demikian berat sampai proses penyembuhannya harus dikirim ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo dan dipindahkan ke Cempaka Putih. Dari ceriteranya kita melihat derita luar biasa John Cornelis hanya disebabkan dia masuk agama Islam dan tidak mau mundur sedikitpun juga dari agama yang benar yang diyakini Islam. Itulah hukum agama Katholik terhadap anggotanya yang berani masuk Islam.
…………………….…………-=o0o=-………………………….………
(*) Hubungi kami di : http://imam-muchlas.blogspot.com
ketik kirim kepada: h.imam.muchlas @gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar

Pengunjung Ke-

About Me

Template by KangNoval & Abdul Munir | blog Blogger Templates