Kamis, 17 September 2015

Israel dalam Al-Quran


Al-Quran  S,2 Al-Baqarah 74
ثُمَّ قَسَتْ قُلُوبُكُمْ مِنْ بَعْدِ ذَلِكَ فَهِيَ كَالْحِجَارَةِ أَوْ أَشَدُّ قَسْوَةً وَإِنَّ مِنَ الْحِجَارَةِ لَمَا يَتَفَجَّرُ مِنْهُ الْأَنْهَارُ وَإِنَّ مِنْهَا لَمَا يَشَّقَّقُ فَيَخْرُجُ مِنْهُ الْمَاءُ وَإِنَّ مِنْهَا لَمَا يَهْبِطُ مِنْ خَشْيَةِ اللَّهِ وَمَا اللَّهُ بِغَافِلٍ عَمَّا تَعْمَلُونَ( البقرة 74)
"Kemudian setelah itu hatimu menjadi keras seperti batu, bahkan lebih keras lagi. Padahal di antara batu-batu itu sungguh ada yang mengalir sungai-sungai daripadanya dan di antaranya sungguh ada yang terbelah lalu keluarlah mata air daripadanya dan di antaranya sungguh ada yang meluncur jatuh, karena takut kepada Allah. Dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang kamu kerjakan"(S.Al-Baqarah 74).
Tema dan sari tilawah
1.        Sebelum ayat 74 ini, yaitu ayat  63 s/d 73 tercatat bahwa kaum Nabi Musa itu menjadi kesulitam karema banyak  bertanya soal siapa yang membunuh orang tua mereka.
2.        Sesudah selesai masalah tersebut mereka menjadi keras hati  terlalu sampai mengalahkan kerasnya batu.
3.        Padahal banyak batu yang meberi manafaat  yang sangat besar kepada kehidupan makhluk.
4.        Batu dapat pecah lalu memancarkan mata air, menjadi sungai ada juga yang lomgsor jatuh, karenatakut kepada Allah.
5.        Allah  tidak  melupakan apa yang dikerjakan oleh kita manusia.
Masalah  dan analisa jawaban
1.        Bagaimana sejarah dan perkembangan kaum Nabi Musa itu? Jawaban sementara: Kaum Nabi Musa itu anak keturunan Nabi Ya'qub dan mengunggulkan diri menjadi kaum Bani Israil menganut agama Yahudi akhirnya mendirikan Negara Israel yang sekarang ini.
2.        Peringatan apa saja oleh Al-Quran terhadap kaum Bani Irail itu? Jawaban sementara: Al-Quran mencatat  banyak kisah riwayat kaum Bani Israil  yang negatif di samping  beberapa ayat yang positif.
3.        Apa yang harus diperbuat  oleh umat Islam mengenai  kisah riwayat kaum Bani Israil ini? Jawaban sementara:  Al-                  Quran itu kitab suci terakhir yang memuat kisah riwayat  semua nabi dan umat nabi-nabi  dari jaman purba sampai Nabi Muhammad Saw. Maka kita wajib  mengamalkan ajaran semua nabi, mengikuti yang benar dan baik meninggalkan yang salah dan yang buruk menurut ukuran Allah dengan melaksanakan perintah dan meninggalkan yang dilarang oleh Allah.
Pendalaman dan penelitian

BAB  SATU
Sejarah dan perkembangan kaum Bani Israel
Masalah ke-1:Bagaimana sejarah dan perkembangan kaum Nabi Musa itu? Jawaban sementara: Kaum Nabi Musa itu berasal dari anak keturunan Nabi Ya'qub dan mengunggulkan diri menjadi kaum Bani Israil menganut agama Yahudi  terakhir pada tahun  1948 mereka  mendirikan Negara Israel yang sekarang .  
~Pada jaman kejayaannya Dinasti Turki Usmani menguasai daerah yang sangat luas sampai Eropa, Timur Tengah, termasuk Palestina ini.
Sejarah Negara Israel secara kronologis
Setelah Perang Dunia I, Liga Bangsa-Bangsa-UNO, menyetujui dijadikannya Mandat Britania atas Palestina sebagai "Negara kaum  Yahudi".
~Th. 1947 PBB menyetujui Pembagian Palestina menjadi dua negara, yaitu negara Yahudi dan negara Arab.
~Tg.14 Mei 1948, Israel memproklamasikan kemerdekaannya.
 Dan Ptoklamasi ini langsung menimbulkan perang dengan negara-negara Arab di sekitarnya yang menolak rencana pembagian Palestina menjadi Negara Yahudi dan Arab Islam .
Asal usul Negara  Israel berawal  dari konsep Tanah Israil  angan-angan kaum Yahudi zaman purba, untuk menjadi  pusat Kerajaan Yahuda  jaman dahulu kala.
~ Sekitar 1100 tahun Sebelum Masehi  Dawud mendirikan kerajaan, dan pemerintahan itu berjaya selama beatus-ratus  tahun. Dari sisi lain  wilayah itu dinamakan Falastin atau Palestina. Dalam perjalanan sejarahnya tanah Palestina ini pernah dijajah atau berada di bawah kekuasaan pemerintahan Asiria, Sassania.
~ Abad 6 SM kerajaan Dawud tersebut dikalahkan oleh negara lain maka orang Israel mengungsi atau memencar (Diaspora) ke negara-negara lain.
~Th 70 Raja Romawi menghancurkan Negara Israel kemudian terjadilah pengusiran besar-besaran atas kaum ini sampai th. 132 
~Th. 628 mereka ditindas oleh  Kaisar Bizantium.  Walaupun demikian, terdapat sekelompok kecil populasi Yahudi yang masih menetap di tanah Israel.
~Th. 636 tanah Israel masuk ke bawah kekuasaan Islam dari Kekaisaran Bizantium. Selama lebih dari 6 abad kontrol wilayah tersebut berada di bawah kekuasaan Daulat Bani Umayyah,    kemudian oleh Dinasti Abbasiyah.
~Abad ke-12, karena penindasan Yahudi oleh kaum  Katolik di Eropa maka berduyun-duyun kaum Yahudi ini kembali dari Eropa ke Tanah Suci Palestina.
~Th. 1492  jumlah populasi Yahudi di Palestina meningkat tajam  setelah pengusiran orang Yahudi dari Spanyol. Selama abad ke-16, komunitas besar Yahudi kebanyakan berpusat di 4 Kota Suci Yahudi, yaitu Yerusalem, Hebron, Tiberias, dan Safed.
Wilayah Israel dan Palestina serta seluruh Timur Tengah berada dibawah kekuasaan Turki Usmani selama kurang lebih 500 tahun
~Th. 1516, Tanah Israel menjadi bagian dari Kesultanan  Turki Utsmani, yang memerintah wilayah tersebut sampai  abad ke-20.
~Th. 1800 di bawah bendera Zionisme orang-orang kaya Yahudi dari Eropa mulai membeli tanah di wilayah Palestina dari para penguasa Turki. Jerusalem dibawah para pendatang Yahudi Eropa, pelan-pelan mendirikan kota-kota Tel Aviv dan yang lain dan meningkatlah standar hidup, pendidikan dan lapangan pekerjaan.
~Pertengahan kedua abad ke-18, keseluruhan komunitas Hasidut yang berasal dari Eropa Timur telah berpindah ke Tanah Palestina.
~Th 1880 mulai timbul organisasi persatuan kaum Yahudi dengan  anggota 25.000 orang di Palestina (5% penduduk Arab).
~ Th. 1881 terjadi imigrasi dalam skala besar yakni pada waktu orang-orang Yahudi melarikan diri dari Eropa Timur. Theodor Herzl merupakan orang Yahudi pertama yang mendirikan gerakan politik Zionisme, yakni gerakan yang bertujuan mendirikan negara Yahudi di Tanah Israel.
~ Abad 19 kaum Yahudi membuat sejarah Israel Baru dirintis ketika Israel dijajah oleh Turki Usmani.
~Th.1897 kaum Yahudi menghimpun anggota dan menyelenggarakan konggres  yang bercita-cita mendirikan Negara Israel itu  dengan Yayasan ZIONIS yaitu World Zionist Organization (WZO).
~Th. 1901Theodor Herzl, sngat mendorong gagasan berdirinya Negara Yahudi ini.
~Th.1904–1914  mulailah terjadi pogrom Kishinev dengan kekuatan sekitar 40.000 orang Yahudi .
~Th 1914 penduduk Yahudi-Palestina  berkembang menjadi 85.000 orang (12%)
~Dalam perang Dunia ke-I (1914-1918) orang-orang Arab dan Yahudi di wilayah tadi dijanjikan kemerdekaan dari "penjajahan" Turki Usmani. Setelah perang dunia pertama wilayah ini ditaruh di bawah kekuasaan Inggris dan disebut sebagai British Mandate of Palestine mencakup Jordan dan Israel sekarang.                .                                               
~Th. 1916 negara yang menang melawan Turki Usmani sepakat membagi-bagi wilayah jajahan  Turki kepada Inggris, Prancis dan Rusia  Dan Inggris kebagian daerah Arab  dan  Palestina.
~1918-1948 dalam Perang Dunia I, Menteri Luar Negeri Britania Arthur Balfour mengeluarkan pernyataan yang dikenal sebagai Deklarasi Balfour, yaitu deklarasi yang mendukung pendirian negara Yahudi di tanah Palestina.
~Th.1919–1923) dan 1924–1929 Imigrasi Yahudi berlanjut dengan secara keseluruhan membawa 100.000 orang Yahudi ke Palestina.
~Th 1920 penduduk Arab melakukan demonstrasi atas ketidak adilan yang mereka rasakan. Kemarahan ini berlanjut kepada pembantaian.
~Th. 1922, Liga Bangsa-Bangsa mempercayakan mandat atas Palestina kepada Britania Raya.
~Bulan Juli 1922 Liga Bangsa-Bangsa (UNO) menyerahkan Palestina kebawah pengawasan Inggri. Dan menghadiahkan kepada kaum Zionis menjadi tanah air kaum Yahudi terutama dari Rusia dan Polandia th.1919-1923 sebanyak  35.000 th.1924-1932 maka 60.000 orang lagi dari Polndia  imigran Yahudi masuk Palestina.-
~Th. 1929 Arab muslim membunuh 67 orang Yahudi.
~Th. 1929-1939 tambah meningkat lagi  gerakan politik  Nazi maka masuklah 250.000 orang Yahudi ke Palestina dari Jerman.
~Th. 1931 jumlah Yahudi hanya 17 % dibandingkan dengan Arab. Ketika Nazi berkuasa di Jerman, semakin banyak pendatang Yahudi dari Eropa sehingga jumlah mereka menjadi berlipat-lipat. Dengan meningkatnya pendatang Yahudi dari Eropa, tanah yang dibeli dan dikuasai oleh Yahudipun semakin luas.
Arab muslim mulai merasa terancam eksistensi dan identitasnya sebagai “pribumi”. Penduduk Arab semakin marah ketika para juragan Yahudi melarang orang-orang Arab bekerja di pabrik dan lahan pertanian mereka.
~ 1935-1945 Israel berada di bawah adminidtrsasi UNO, bangsa Arab menentang pembentukam Negara Israel ini terutama oleh Mesir, Yordan, Syria, Libanon dan Irak.
~Th. 1936-1939 karena gelombang masuknya kaum Yahudi secara besar-besaran timbullah Pemberontakan Arab di Palestina , sehingga memaksa Britania membatasi imigrasi
~Tg. 1 Desember 1947, Komite Tinggi Arab mulai menyerang target-target Yahudi. Perang saudara dimulai ketika kaum Yahudi yang awalnya bersifat defensive-pasif perlahan-lahan menjadi ofensif. Sehingga sekitar 250.000 warga Arab-Palestina diusir ataupun melarikan diri.
~Tgl. 15 Mei 1947 PBB membentuk komite UNSCOP, maka komite merekomendasikan pembagian Palestina menjadi wilayah Arab dan Yahudi. “Two state solution” melalui resolusi 181 Majlis Umum PBB ~Pada November 1947 dengan dukungan suara 33 dan menentang 13 serta abstain 10.  Yerusalem yang merupakan kota suci bagi tiga agama besar dunia menjadi wilayah internasional agar keamanan dan stabilitasnya bisa dijaga bersama-sama.       Kelompok Yahudi menerima pembagian wilayah seperti yang tertuang dalam resolusi 181 tahun 1947-PBB.
 Resolusi sebagai dasar untuk berdirinya dua negara Israel dan Plestina yang merdeka ini ditolak oleh negara-negara Arab. Negara-negara Arab Mesir dan Jordan juga menolak berdirinya negara palestina ataupun Israel.
 ~Th.14 Mei 1948, satu hari sebelum berakhirnya mandat Inggris, Israel mendeklarasikan kemerdekaan atas wilayah yang diperuntukkan bagi mereka dalam resolusi 181 dan menjadi negara Israel merdeka. Keesokan harinya liga Arab melayangkan protes resmi ke PBB atas berdirinya negara Israel. Tapi sayang pasukan koalisi Arab ternyata kalah. Pasukan Israel berhasil menguasai wilayah yang mereka duduki itu. Kemenangan Israel membuat mereka menguasai sebagian besar wilayah yang seharusnya diperuntukkan bagi negara Palestina merdeka yang sempat diduki oleh tentara koalisi Arab. Hanya tersisa sedikit wilayah di bagian barat daya (Gaza) yang akhirnya dikuasai oleh Mesir. Adapun wilayah yang tersisa di bagian timur (Nablus, sebagian Jerusalem dan Hebron yang disebut West Bank) dikuasai oleh Jordan. Sejak mulainya konflik ini, orang Palestina tidak pernah berkuasa atas kedaulatannya sendiri.
Dalam perang tersebut sekitar 711.000 rakyat Palestina meninggalkan wilayah yang berhasil dikuasai oleh Israel dan menjadi pengungsi. Penduduk Arab muslim yang tidak meninggalkan wilayah yang dikuasai Israel akhirnya menjadi warga Negara Israel hingga sekarang dan merupakan minoritas terbesar di dalam Negara Yahudi tersebut dengan jumlah hampir 20 persen dari total penduduk Israel.                    .
Perang akhirnya berakhir dengan ditandatanganinya gencatan senjata antara Israel dan Negara-negara Arab tetangganya
~ Th 1948   Luas wilayah Israel  20.700 Km persegi bertambah-tambah dengan agresinya.
~Th. 1949. Dalam perjanjian tersebut juga disepakati batas baru wilayah Negara Israel  yang diakui secara internasional. Batas baru Negara Israel yang disepakati ini termasuk wilayah yang berhasil dikuasai Israel dalam perang 1948. Dalam peta II  dapat dilihat wilayah Israel menjadi semakin luas akibat invasi Arab ke wilayah Palestina berhasil dipukul mundur oleh Israel.
~Th. 1948 sampai 1952 sekitar 285.000 orang Yahudi bermigrasi dari negara-negara Arab ke Israel yang baru berdiri.
~ Th. 1949 menjadi anggota PBB. ~Th.1950 sejumlah   50.000 immigran disusul 687.000 lgi masuk Palestina demikian  pula 300.000 pengungsi Arab  juga masuk ke Palestina .
~~ Th 1951 Mesir memblokade Israel dan  Yordan berebut air dengan Israel.
~ Th. 1953-1955. Ben Gurion sebagai PM dan dalam  Krisis Suez Israel, Israel berebut penguasaan atas Kanal Suez melawan Mesir.
~Bulan Februari 1955 Israel menyerang tentara Mesir, maka Presiden Mesir Jamal Abdun Nasir membentuk tentara gerilya di Palestina melawan Israel.
~ Th.1956 Mesir melarang kapal-kapal Israel melintasi perairan Tiran dan memblokade teluk aqaba. Tindakan yang dianggap sebagai pelanggaran terhadap konvensi konstantinopel tahun 1888 dan mencederai gencatan senjata 1949 dengan Israel.
~ Tg.26 Juli 1956 Mesir menasionalisasi terusan suez dan melarang kapal-kapal Israel melintas.                   .
~Tg. 29 Oktober 1956, Israel yang merasa bahwa Mesir mencederai perjanjian 1949 dan berusaha membunuh perekonomian Israel meminta bantuan dari Inggris dan Perancis (yang sakit hati atas nasionalisasi terusan suez) untuk mengeroyok Mesir. Dalam koflik terusan suez ini Israel berhasil menduduki Gaza (yang dalam perjanjian 49 merupakan wilayah Mesir) dan Sinai.
PBB dan Amerika Serikat turun tangan untuk menghentikan konflik yang terjadi. Israel bersedia mundur dari wilayah Mesir yang baru diduduki. Mesir mengijinkan kembali kapal-kapal Israel melintasi terusan suez dan membuka blokade aqaba serta melakukan demiliterisasi di wilayah Sinai. Pasukan internasional PBB dengan nama UNEF dibentuk untuk mengawasi wilayah demiliterisasi.
~ Bulan  Juli 1956 Mesir menasionalisasi Kanal Suesz dan melarang semua kapal masuk. .
~ Oktober 1956 Moshe Dayan terpilih mrnjadi PM disusul oleh Shimon Peres.
Akibat dari perang 6 hari danpenyelesaian yang tidak adil menyebabkan berlarut-larutnya perang yang tidak kunjung berhenti mulai sejak th 1960.
~Th, 1960 dukungan atas PLO dari pemerintah Jordan akhirnya berbalik arah ketika PLO menjadi arogan dan seolah-olah telah mendirikan sebuah negara di dalam negara. Sejak kemenangan pasukan Yasser arafat pada pertempuran melawan Israel di daerah Karamah, gerilyawan Palestina tersebut merasa berkuasa dan melakukan pemungutan pajak secara illegal di dalam wilayah Jordan yang menjadi basis kekuatannya. Mereka membuat blokade jalan, mengambil alih kekuasaan dan melecehkan polisi Jordan. Pelecehan terhadap wanita-wanita lokal juga terjadi dalam masa tersebut.                                .
Raja Hussein menjadi berang dan memberlakukan hukum darurat perang. Pasukan Jordan menyerang PLO dan berhasil mengalahkan mereka. Sekitar 3500 gerilyawan dan rakyat sipil Palestina tewas dalam kejadian tersebut (kejadian ini terkenal dengan insiden Black September). Dua hari kemudian Arafat dan Hussein setuju untuk melakukan gencatan senjata. Sekitar 2000 gerilyawan Palestina akhirnya berhasil masuk Syria dan menyeberang ke Libanon untuk bergabung dengan pejuang Fatah yang ada di negara tersebut dan mendirikan markas baru.                                                
~Th.1962 didirikan Institute for the Translation of Hebrew Literature telah menterjemahkan naskah sastra budaya ke dalam 40 macama bahasa.
~ Th. 1964 pada pertemuan di Cairo liga Arab berininsiatif untuk membentuk sebuah organisasi yang mewakili kepentingan rakyat Palestina.
~ Pada 29 Mei 1964, Majelis Nasional Palestina lalu mengadakan pertemuan di Jerusalem Dari pertemuan ini akhirnya PLO terbentuk pada 2 juni pada tahun yang sama.                     .
Meskipun liga arab mendukung terbentuknya PLO dan berdirinya negara palestina merdeka namun mereka (terutama Mesir dan Jordan) tetap tidak memberikan hak kedaulatan kepada rakyat Palestina atas wilayah Gaza dan Westbank. Yang dimaksud negara palestina merdeka oleh Mesir dan Jordan pada saat itu adalah berdirinya negara Arab Palestina di wilayah Israel, bukan Gaza (yang tetap dianggap oleh Mesir sebagai wilayah kekuasaanya) atau West Bank (yang dianggap sebagai bagian dari kekuasaan Jordan).
~Th.  1964 Liga Arab membentuk Palestine Liberation Organization (PLO).
~TH. 29 Mei 1964 sebuah piagam PLO menyatakan bahwa Palestina dengan batas wilayah sebagaimana termaktub dalam mandat Inggris adalah sebuah kesatuan regional dan melarang aktifitas zionis dalam bentuk apapun. Dengan demikian piagam ini menyatakan bahwa PLO tidak mengakui adanya negara Israel. PLO pada awalnya juga mempunyai kebijakan untuk menghancurkan Israel.
Baru setelah sekitar 30 tahun kemudian PLO mengadopsi kebijakan "two state solution" dengan Israel dan Palestina hidup berdampingan dan mensyaratkan Jerusalem timur sebagai ibukota Palestina.
Catatan=
Negara Israel sekarang sudah mencapai kemajuan hampir dalam semua bidang kehidupan: Sebagian kecil dari  padanya dapat kita catat sebagai berikut:
Dalam bidang sarana  prasarana: Tercatat bahwa Israel memiliki 18.096 kilometer jalan beraspal .  Israel memiliki 5.715 bus berjadwal rutin yang dioperasikan oleh berbagai perusahaan angkutan. Rel kereta api Israel merambah sepanjang 949 kilometer dan dioperasikan oleh perusahaan negara Israel. Seiring dengan investasi besar-besaran pada awal sampai dengan akhir 1990-an, jumlah penumpang kereta api setiap tahunnya telah meningkat dari 2,5 juta pada tahun 1990 menjadi 35 juta pada tahun 2008. Rel kereta api juga digunakan untuk mengangkut sekitar 6,8 juta ton kargo setiap tahunnya.
 Dalam bidang pendidikan Israel memiliki angka harapan sekolah, (sebagai tahun lamanya seorang anak berumur 4 tahun diharapkan dapat mengenyam pendidikan di masa depan) tertinggi di dunia. Israel juga memiliki angka melek huruf tertinggi di seluruh Asia..
Perpustakaan Universitas dan Nasional Yahudi  menyimpan buku-buku bertopik Yahudi terbesar di dunia.
Statistk-Unesco 1987 mencatat bahwa rata-rata setiap satu juta warga Israel  terdiri dari 16.000 orang pakar spesialis ahli dalam cabang disiplin  ilmu masing-masing, Amerika=6.500 pakar, Jepang=6.500 pakar, Uni Sovyet=5000 pakar, Prancis=4.500 pakar, India=1.300 pakar, Mesir=367 pakar, Turki=353 pakar, Indonesia=64 pakar per satu juta warga negara.
~Th. 1997 sebanyak  38% kaum Yahudi itu adalah pendatang  baru bukan kelahiran Israel-Palestina. Sehingga kebudayaan mereka terbawa dari 100 budaya kota di dunia.
~ Sejak th. 2000  Israel merupakan negara yang terdepan dalam hal jumlah artikel ilmiah. Israel juga mengedepankan penggunaan energi surya dan memiliki teknologi energi surya yang terdepan dan perusahaan-perusahan tenaga surya Israel mengerjakan proyek-proyeknya di seluruh dunia. Lebih dari 90% rumah penduduk Israel menggunakan tenaga surya untuk pengadaan air panas dan merupakan penggunaan per kapita yang tertinggi di dunia. Menurut data pemerintah Israel, negara ini menghemat 8% konsumsi listrik per kapitanya oleh karena penggunaan energi surya.
~Tahun 2002  Israel mempunyai standar hidup diatas hampir semua negara di dunia, yaitu GDP= $103.69 milyar maka pukul rata satu orang=$15,790milyar.===
~Th.2002 sejumlah  861.867 orang turis mengunjungi Israel yang menghabiskan uangnya di Israel sebanyak $ 1.2 milayar. Banyak kaum Nasrani suka mengunjungi Betleham, Nazareth.

BAB  DUA
Kum Bani Israel dalam Al-Quran
            Masalah ke-2: Peringatan apa saja oleh Al-Quran terhadap kaum Bani Irail itu? Jawaban sementara: Al-Quran mencatat  banyak kisah riwayat kaum Bani Israil  yang negatif di samping  beberapa ayat yang positif.
            Agama Yahudi itu berasal dari wahyu dari Allah kepada Nabi Musa dan dalam perkembangannya Agama Yahudi menjadi agama kaum Bani Israil, sehingga sangat langka bangsa di luar Bani Israil yang memeluk Agama Yahudi. Kemudian Agama Yahudi membentuk diri dengan keistimewaan atau ajaran-ajaran khusus yang tidak ada dalam ajaran agama di luar Yahudi. Sebagai catatan terakhir terjadi bahwa Agama Yahudi didominasi oleh kaum Bani  Israil dengan ciri-ciri khusus, agama didekte oleh tokoh-tokohnya yang suka mengubah kitab suci, pengadilan yang diskriminatif, menganggap bangsa Yahudi sebagai kekasih Tuhan, boleh berbuat sesuka hatinya kepada orang bodoh, orang awam sehingga seakan-akan kaum Bani Israil itu menyembah pemimpin mereka.
         Di dalam kitab sucinya tercatat ramalan Nabi Musa atau nubuat akan datangnya nabi akhir zaman dan berita ini diulangi pula oleh Nabi Isa dalam Injil, sehingga berita ini tersiar sampai kepada masyarakat Arab Jahiliyah. Kaum Yahudi  sangat menanti-nantikan akan datangnya nabi akhir zaman ini muncul dari wangsa Bani Israil. Tetapi ternyata ketika Nabi Muhammad itu diutus oleh Allah menjadi nabi akhir zaman, maka kaum Yahudi sangat kecewa bahkan berkembang menjadi benci dan dengki kepada bangsa Arab lebih-lebih kepada Rasulullah Muhammad Saw. Kenabian Muhammad dan kelebihan Al-Quran terbukti mengalahkan semua kitab dan agama selain Islam.
~ Tafsir Ath-Thabari (J-1h322) mencatat bahwa nabi akhir zaman sudah diramalkan oleh Nabi Musa dalam Taurat dan Nabi ‘Isa dalam Injil dan nabi ini akan meneruskan ajaran Taurat dan Injil. Maka kaum Yahudi berdo’a mohon segera datangnya nabi itu dan Allah menolong mereka mengalahkan musuhnya yaitu bangsa Arab (Aus dan Khazraj).
Tiba-tiba ketika Allah mengangkat Muhammad dari bangsa Arab menjadi nabi akhir zaman ini maka meledaklah dengki dan dendamnya kepada bangsa Arab dan Nabi Muhammad Saw. maka Allah mengutuk dan melaknat mereka. Peringatan Allah itu termaktub di dalam Al-Quran di berbagai macam ayat dan surat.
Sifat dan watak kaum Bani Israil tercatat dalam Al-Quran:
* Akidah
~Mengaku beragama dengan agama Ibrahim (S.2 Al-Baqarah 133-137);
~Mengajarkan bahwa Ibrahim itu beragama Yahudi (S.2 Al-Baqarah 140);
~Memang sudah kufur dan keterlaluan (S.5 Al-Maidah 32) (S.5 Al-Maidah 64);
~Berlomba mengajak kufur  (S.5 Al-Maidah 41);
~Mengangkat ‘Uzair sebagai  Anak Tuhan (S.2 Al-Baqarah 116 (S.9 At-Taubat 30-31);
~Mengaku kekasih Tuhan (S.5 Al-Maidah 18);
~Memilih ketua yang kafir  menolak  orang beriman  (S. 5 Al-Maidah 80);
~Memilih jalan sesat  menolak hidayah (S.4 An-Nisa` 44) (S.2  Al-Baqart\ah 174-175);
~Percaya kepada berhala (S.4 An-Nisa` 51).
~Menyembah anak lembu (S.2 Al-Baqarah 51-54) (S.2 Al.Baqarah 93) (S.4 An.Nisa`  153) (S.7 Al-A’raf 148) (S.7 Al-A’raf  152) (S.20 Thaha 88) (S.7 Al-A’raf 138);
~Minta melihat Allah dengan mata kepala.(S.2 Al-Baqarah 55)(S.Al-An’am 47)(S.4 An-Nisa` 153)
~Melawan dan memusuhi Jibril  (S.2 Al-Baqarah 97);
~Kufur kepada  Kitab Suci  (S.4 An-Nisa1 156-157).
~Kafir kepada ayat-ayat  Kitab Suci (S.2 Al-Baqarah 61);
~Mengaku iman padahal kufur kepada Taurat (S.2 Al-Baqarah 92-93) ;
~Menyembunyikan  ayat-ayat suci dan  mengubah kitab suci (S.4 An-Nisa` 137) (S.4 An-Nisa` 46) (S.5 Al-Maidah 13) (S.5 Al-Maidah 41).;
~Kufur kepada Al-Quran (S.2 Al-Baqarah 99-101)(S.20Thaha 86);
~Menyembunyikan  ayat –ayat  kitab suci (S.4 An-Nisa` 137 (S.4 An-Nisa` 46). S.5 Al-Maidah 13 (S.5 Al-Maidah 41).;
~Memutar balik kalimat suci (Salam diganti Sam=celaka) (S.4Ab-Nisa` 46);
~Tidak percaya kepada risalah nabi; (S.4 An-Nisa` 55);
~Kufur kepada nabi dan rasul (S.3 Ali ‘Imran 181) (S.3 Ali ‘Imran 184) (S.2 Al-Baqarah 61) (S.3 Ali ‘Imran 21) (S.2 Al-Baqarah 91) (S.3 Ali ‘Imran 112) (S.3 Ali ‘Imran 181) (S.4 An-Nisa` 156).; 
~Menantang Nabi Musa dengan sombong minta macam-macam (S.2 Al-Baqarah 67 (S.5 Al-Maidah 22-24);
~Ucapan sangat  menyakitkan  hati Nabi Musa (S.5 Aj-Maidah 23=26);
~Tidak percaya kepada risalah nabi (S.4 An-Nisa` 55) ;
~Mengaku nasib baik dari Allah, nasib jelek itu dari Muhammad (S.4 An-Niusa` 78-79);
~Membunuh nabi-nabi (S.2 Al-Baqarah 61) (S.3 Ali ‘Imran 21) (S.2 Al-Baqarah 91) (S.3 Ali ‘Imran 112) (S.3 Ali ‘Imran 181) (S.4 An-Nisa` 156).;
~Mengaku bahwa para nabi itu asal dari keturunan Harun (S.4 An-Nisa` 170).;
~Mengaku sudah membunuh Nabi ‘Isa (S.3 An-Nisa` 157) (S.3 Al ‘Imran 183);
~Sikap tidak sopan kepada nabi karena memang kufur mereka (S.2 Al-Baqarah 104-105) (S.4 An-Niusa` 78-79);
*Syari’ah
~Hukuman atas dosa-dosa mereka dan laknat Allah atas mereka (S.4 An-Nisa` 46 (S.4 An-Nisa` 47) (S.2 Al-Baqaraah 63)’
~Materialistis (S.4 An-An-Nisa` 153);
~Suka makan yang haram, suka  berdusta, melawan hukum,  (S.5 Al-Maidah 42).;Suka makan riba (S.5 An-Nisa` 161).’
~Makanan yang diharamkan (S.3 Ali'Imran 93);
~Mengajak berbuat  yang munkar menolak yang ma’ruf  (S.5 Al-Maidah 79);
~Malas diajak berjihad fi Sabilillah (S.2 Al-Baqarah 246) (S.2 Al-Baqarah 248-251).;
~Timbul perselisihan di antara mereka (S.10 Yunus 93);.
~ Ucapan yang berbisa dan penuh  dosa (S.5 Al-Miadah 63) (S.7 Al-A'raf 161-162);
~Allah murka kepada mereka (S.2 Al-Baqarah 61);
~Tiga orang Yahudi. (S.2 Al-Baqarah 7);
~Materialistis (S.4 An-An-Nisa` 153);67.
~Suka makan yang haram\, suka  berdusta, melawan hukum (S.5 Al-Maidah 42).;
~Suka makan riba (S.5 An-Nisa` 161).;
~Ingin hidup 1000 tahun (S.2 Al-Baqarah 92).
~Terlaknat  dan berubah menjadi kera (S.2 Al-Baqarah 66) (S.5 Al-Maidah 60-61 (S.7 Al-A'raf 166);
~Suka kepada ilmu  sihir (S.2 Al-Baqarah 102) (S.7 Al-A'raf 116-121) (S.20 Thaha 57-58) (S.20 Thaha 63-68);
~Diumpamakan seperti kimar membawa kitab; (S.62 Al-Jum’ah 5);
~Kelebihan di bidang Ilmu Pengetahuan dan Tehnologi (S.4 An-Nisa`162).;
~Kelebihan kaum Bani Israil dan nikmat Allah (S.2 Al-Baqaran 47-S.2 Al-Baqarah 49-50) (S.2 Al-Baqarah 60);
~Nikmat Allah ditanggapi  negatif oleh mereka (S.5 Al-Maidah `22)  Kaum Hawariyun permohonannya terkabul(S.5 Al-Maidah 112-;115).;
~Menyuruh orang lain beramal soleh ,tapi dirinya emoh (S.2 Al-Baqarah 44 (S.2 Al-Baqarah 61);
~Memuji-muji dirinya sendiri (S.4 An-Nisa` 51);58.   
~Iri kepada milik orang lain (S.4 An-Nisa` 54).
~Sangat keras memusuhi kaum muslimin (S.5 Al-Maidah 82)
~Menghalalkan memakan harta orang yang bodoh-buta  huruf ~(Bangsa Arab) (S.3 Ali ‘Imran 75).;.
~Mencari  harta  dengan jalan haram (S.5 Al-Maidah 42 (S.5 Al-Maidah 62);
~Seruan-seruankepada mereka (S.5 Al-Maidah 65-66). (S.4 An-Nisa` 161).
~Mengubah kata Hiththah menjadi Hinthah (S.4An-Nisa` 154) (S.7 Al-A’raf 161-162 (S.2 Al-Baqarah 58-59).;
~Berusaha keras untuk pemurtadan orang supaya keluar dari IslamS.3 Ali ‘Imran 100));
~Menuduh Tuhan itu melarat (S.3 Ali ‘Imran 181).
~Suka  berbuat  dusta kepadaAllah (Ali ‘Imran 78) (S.3 Ali ‘Imran 50);
~Tidak  bersyukur atas keselamatan mereka dari  Fir’un (S.28 Al-Qashash 4). (S.2 Aal-Baqarah 49 (S.14 Ibrahim 6) (S.26 Asy-Syu’ara` 63-66) (S.26 Asy-Su’ara` 120) S.2. Al-Baqarah 50) (S.8 Al-Anfal 54).
 ~Mencari ikan pada jam waktu beribadah di hari Sabtu (S.4An-Nisa` 154) (S.2 Al-Baqarah 66) (S.7Al-A’raf 163) (S.4 An-Nisa` 47)
~Keras kepala (S.2 Al-Baqarah 74).Berbuat  dusta  kepada Allah (Ali ‘Imran 78) (S.3 Ali ‘Imran 50);


BAB   TIGA
Hikmah  rahasia sejarah Bani Israil
Masala ke-3: Apa yang harus  diperbuat  oleh umat Islam mengenai  kisah riwayat kaum Bani Israil ini? Jawaban sementara:  Al-Quran itu kitab suci terakhir yang memuat kisah riwayat semua nabi dan umatnya maka kita umat Muhammad Khatamul Anbiya` Rasul Penghabisan wajib  memgamalkan ajaran semua nabi, mengikuti perintah dan meninggalkan yang dilarang para nabi itu.
          Allah sudah memberi petunjuk kepada manusia bagaimana cara hidup yang lebih enak, bahagia untuk semua orang, maksimalisasi bahagia untuk jangka yang paling lama. Untuk ini maka Allah memilih nabi dan rasul utusan Allah. Nabi dan rasul adalah seorang manusia yang dipilih oleh Allah sendiri. Dan dalam hal ini Allah sendiri yang memberi petunjuk, menjaga, mengawasi dan memenuhi segala persyaratan makhluk manusia untuk menjabat sebagai nabi utusan Allah, suci dari noda dan dosa (Ma’shum) tidak keliru dan tidak berbuat dosa.
.Az-Zuhaili dalam tafsirnya Al-Munir mencatat bahwa nabi itu jumlahnya  124.000 dan rasul jumlahnya = 315, sedangkan yang dicatat di dalam Al-Quran jumlahnya  = 25, yaitu: Adam, Idris, Nuh, Hud, Shalih, Ibrahim, Luth, Isma’il, Ishaq, Ya’qub, Yusuf, Syu’aib, Ayub, Dxulkifli, Musa, Harun, Dawud, Sulaiman, Ilyas, Ilyasa’, Yunus, Zakariya, Yahya, Isa dan Muhammad.
Al-Quran itu wahyu dari  Allah kepada Nabi Muhammad Saw  memuat secara garis besar semua ajaran para nabi utusan Allah. Dan demikian banyak nabi-nabi itu dari kaum Bani Israil, sehingga banyak sekali ayat-ayat peringatan Allah tentang kisah riwayat para nabi dengan umatnya itu tercakup dalam kisah riwayat Bani Israil.
Dari peringatan Allah kepada mereka yang  akan mendapat murka Allah sangat besar yang wajib kita jauhi ialah:
Mengangkat  seorang manisia ('Uzair) menjadi   Anak Tuhan
وَقَالَتِ الْيَهُودُ عُزَيْرٌ ابْنُ اللَّهِ وَقَالَتِ النَّصَارَى الْمَسِيحُ ابْنُ اللَّهِ ذَلِكَ قَوْلُهُمْ بِأَفْوَاهِهِمْ يُضَاهِئُونَ قَوْلَ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ قَبْلُ قَاتَلَهُمُ اللَّهُ أَنَّى يُؤْفَكُونَ (التوبة 30)
"Orang-orang Yahudi berkata: "Uzair itu putera Allah" dan orang Nasrani berkata: "Al Masih itu putera Allah". Demikian itulah ucapan mereka dengan mulut mereka, mereka meniru perkataan orang-orang kafir yang terdahulu. Dila`nati Allah-lah mereka; bagaimana mereka sampai berpaling? (S.9 At-Taubat 30)/
Percaya dan menyembah berhala
أَلَمْ تَرَ إِلَى الَّذِينَ أُوتُوا نَصِيبًا مِنَ الْكِتَابِ يُؤْمِنُونَ بِالْجِبْتِ وَالطَّاغُوتِ وَيَقُولُونَ لِلَّذِينَ كَفَرُوا  هَؤُلَاءِ أَهْدَى مِنَ الَّذِينَ ءَامَنُوا سَبِيلًا (النساء 51)
"Apakah kamu tidak memperhatikan orang-orang yang diberi bahagian dari Al Kitab? Mereka percaya kepada jibt dan thaghut, dan mengatakan kepada orang-orang kafir (musyrik Mekah), bahwa mereka itu lebih benar jalannya dari orang-orang yang beriman. (S.4 An-Nisa` 51)
Menyembah anak lembu
وَإِذْ وَاعَدْنَا مُوسَى أَرْبَعِينَ لَيْلَةً ثُمَّ اتَّخَذْتُمُ الْعِجْلَ مِنْ بَعْدِهِ وَأَنْتُمْ ظَالِمُونَ(البقرة 51)
"Dan (ingatlah), ketika Kami berjanji kepada Musa (memberikan Taurat, sesudah) empat puluh malam, lalu kamu menjadikan anak lembu (sembahanmu) sepeninggalnya dan kamu adalah orang-orang yang zalim" (S.2 Al-Baqarah 51)
Melawan dan memusuhi Jibril
قُلْ مَنْ كَانَ عَدُوًّا لِجِبْرِيلَ فَإِنَّهُ نَزَّلَهُ عَلَى قَلْبِكَ بِإِذْنِ اللَّهِ مُصَدِّقًا لِمَا بَيْنَ يَدَيْهِ وَهُدًى وَبُشْرَى لِلْمُؤْمِنِينَ (البقرة 97)
"Katakanlah: Barangsiapa yang menjadi musuh Jibril, maka Jibril itu telah menurunkannya (Al Qur'an) ke dalam hatimu dengan seizin Allah; membenarkan apa (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman. (S.2 Al-Baqarah 97)
Menantang Nabi Musa dengan sombong minta.
وَإِذْ قَالَ مُوسَى لِقَوْمِهِ إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُكُمْ أَنْ تَذْبَحُوا بَقَرَةً قَالُوا أَتَتَّخِذُنَا هُزُوًا قَالَ أَعُوذُ بِاللَّهِ أَنْ أَكُونَ مِنَ الْجَاهِلِينَ(البقرة 67)
"Dan (ingatlah), ketika Musa berkata kepada kaumnya: "Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyembelih seekor sapi betina". Mereka berkata: "Apakah kamu hendak menjadikan kami buah ejekan?" Musa menjawab: "Aku berlindung kepada Allah agar tidak menjadi salah seorang dari orang-orang yang jahil". (S.2 Al-Baqarah 67 (S.5 Al-Maidah 22-24);
Mengucapkan ucapan yang sangat  menyakitkan hati Nabi Musa
قَالُوا يَامُوسَى إِنَّا لَنْ نَدْخُلَهَا أَبَدًا مَا دَامُوا فِيهَا فَاذْهَبْ أَنْتَ وَرَبُّكَ فَقَاتِلَا إِنَّا هَاهُنَا قَاعِدُونَ (الماءدة 24)
"Mereka berkata: "Hai Musa, kami sekali-sekali tidak akan memasukinya selama-lamanya, selagi mereka ada di dalamnya, karena itu pergilah kamu bersama Tuhanmu, dan berperanglah kamu berdua, sesungguhnya kami hanya duduk menanti di sini saja" (S.5 Aj-Maidah 23=26);
Membunuh banyak  nabi-nabi
إِنَّ الَّذِينَ يَكْفُرُونَ بِآيَاتِ اللَّهِ وَيَقْتُلُونَ النَّبِيِّينَ بِغَيْرِ حَقٍّ وَيَقْتُلُونَ الَّذِينَ يَأْمُرُونَ بِالْقِسْطِ مِنَ النَّاسِ فَبَشِّرْهُمْ بِعَذَابٍ أَلِيمٍ (ال عمران 21)
Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Allah dan membunuh para nabi yang memang tidak dibenarkan dan membunuh orang-orang yang menyuruh manusia berbuat adil, maka gembirakanlah mereka bahwa mereka akan menerima siksa yang pedih. (S.2 Al-Baqarah 61) (S.3 Ali ‘Imran 21)
Bangga mengaku sudah membunuh Nabi ‘Isa
وَقَوْلِهِمْ إِنَّا قَتَلْنَا الْمَسِيحَ عِيسَى ابْنَ مَرْيَمَ رَسُولَ اللَّهِ وَمَا قَتَلُوهُ وَمَا صَلَبُوهُ وَلَكِنْ شُبِّهَ لَهُمْ وَإِنَّ الَّذِينَ اخْتَلَفُوا فِيهِ لَفِي شَكٍّ مِنْهُ مَا لَهُمْ بِهِ مِنْ عِلْمٍ إِلَّا اتِّبَاعَ الظَّنِّ وَمَا قَتَلُوهُ يَقِينًا (الساء 157)
"dan karena ucapan mereka: "Sesungguhnya Kami telah membunuh Al Masih, `Isa putra Maryam, Rasul Allah", padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan `Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) `Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah `Isa. (S.3 An-Nisa` 157) (S.3 Al ‘Imran 183);
Mengajak berbuat  yang munkar menolak yang ma’ruf
لُعِنَ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ بَنِي إِسْرَائِيلَ عَلَى لِسَانِ دَاوُدَ وَعِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ ذَلِكَ بِمَا عَصَوْا وَكَانُوا يَعْتَدُونَ(78)كَانُوا لَا يَتَنَاهَوْنَ عَنْ مُنْكَرٍ فَعَلُوهُ لَبِئْسَ مَا كَانُوا يَفْعَلُونَ (الماائدة 79)
 "Telah dila`nati orang-orang kafir dari Bani Israil dengan lisan Daud dan `Isa putera Maryam. Yang demikian itu, disebabkan mereka durhaka dan selalu melampaui batas. (S.5 Al-Maidah 79);
Dapat diyakini  bahwa agama  para nabi yang diutus Allah itu ialah agama Tauhid bahwa Allah itu Mutlak Maha Esa dalam seluruh sifat. Kaum Bani Israel itu  mengaku beragama Yahudi sangat mengutamakan ajaran N.Musa. Dan  tercatat di dalam Kitab Taurat Musa ada 10 Hukum Tuhan yang terkemal dengan nama The Ten Commandment (Sepuluh Hukum Allah).   Bahkan Kaum Nasrani-pun juga memegang teguh Alkitab-Bibel mencakup Kitab Taurat  yang memuat 10 hukum Tuhan ini. Ternyata 10 Hukum Tuhan ini diingatkan diulang lagi oleh Allah dalam Al-Quran S.17 Al-Isra` 101 dan dingatkan juga oleh Rasulullah Saw dalam hadis riwayat Turmudzi no.2657, Ibnu Abi Syaibah, Ahmad, Nasa`i, Ibnu Majah, Ibnu Jarir, Ibnul Mundzir, Ibnu Abi Hatim, Thabrani, Baihaqi dan dishahihkan oleh Al-Hakim.
         Rasulullah Saw mengingatkan 10 Hukum Tuhan ini ketika ditanyakan oleh dua orang Yahudi ketika mereka menghadap beliau.
            Oleh karena  hampir semua nabi itu  berasal dari wangsa Bani Israil  bahkan Nabi ‘Isa juga dari kaum Bani Israil, maka kita fokuskan saja  kita ambil  pelajaran para nabi itu kepada doktrin 10 Hukum Tuhan  yang termaktub  dalan kitab Bibel Kitab, Keluaran 20 ayat 1-17, dalam Qs17a101 dan hadis Nabi Saw. Riwayat Turmudzi no.2657.
A. Bibel, Kitab  Keluaran 20 ayat 1-17
1.Jangan ada Tuhan lain
2.Jangan menyembah berhala
3.Jangan menyebut Tuhan dengan omong kosong (sia-sia)
4.Rayakan hari Sabtu
5.Bakti kepada bapak ibu
6.Jangan membunuh
7.Jangan berzina
8.Jangan mencuri
9.Jangan berucap bohong
10.Jangan merebut milik sesama.   
B. Al-Quan S.17 Al-Isra` 101:
وَلَقَدْ ءَاتَيْنَا مُوسَى تِسْعَ ءَايَاتٍ بَيِّنَاتٍ فَاسْأَلْ بَنِي إِسْرَائِيلَ إِذْ جَاءَهُمْ فَقَالَ لَهُ فِرْعَوْنُ إِنِّي لَأَظُنُّكَ يَامُوسَى مَسْحُورًا (الاسراء 101)
"Dan sesungguhnya Kami telah memberikan kepada Musa sembilan buah mu`jizat yang nyata, maka tanyakanlah kepada Bani Israil, tatkala Musa datang kepada mereka lalu Fir`aun berkata kepadanya: "Sesungguhnya aku sangka kamu, hai Musa, seorang yang kena sihir"(S.17 Al-Isra` 101).
C.Hadis Nabi Muuhammad Saw  riwayat Turmudzi no.2657:

2657 عَنْ صَفْوَانَ بْنِ عَسَّالٍ قَالَ قَالَ يَهُودِيٌّ لِصَاحِبِهِ اذْهَبْ بِنَا إِلَى هَذَا النَّبِيِّ فَقَالَ صَاحِبُهُ لَا تَقُلْ نَبِيٌّ إِنَّهُ لَوْ سَمِعَكَ كَانَ لَهُ أَرْبَعَةُ أَعْيُنٍ فَأَتَيَا رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَسَأَلَاهُ عَنْ تِسْعِ آيَاتٍ بَيِّنَاتٍ فَقَالَ لَهُمْ لَا تُشْرِكُوا بِاللَّهِ شَيْئًا وَلَا تَسْرِقُوا وَلَا تَزْنُوا وَلَا تَقْتُلُوا النَّفْسَ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلَّا بِالْحَقِّ وَلَا تَمْشُوا بِبَرِيءٍ إِلَى ذِي سُلْطَانٍ لِيَقْتُلَهُ وَلَا تَسْحَرُوا وَلَا تَأْكُلُوا الرِّبَا وَلَا تَقْذِفُوا مُحْصَنَةً وَلَا تُوَلُّوا الْفِرَارَ يَوْمَ الزَّحْفِ وَعَلَيْكُمْ خَاصَّةً الْيَهُودَ أَنْ لَا تَعْتَدُوا فِي السَّبْتِ قَالَ فَقَبَّلُوا يَدَهُ وَرِجْلَهُ فَقَالَا نَشْهَدُ أَنَّكَ نَبِيٌّ قَالَ فَمَا يَمْنَعُكُمْ أَنْ تَتَّبِعُونِي قَالُوا إِنَّ دَاوُدَ دَعَا رَبَّهُ أَنْ لَا يَزَالَ فِي ذُرِّيَّتِهِ نَبِيٌّ وَإِنَّا نَخَافُ إِنْ تَبِعْنَاكَ أَنْ تَقْتُلَنَا الْيَهُودُ (رواه الترمذي 2657 وأخرجه الطيالسي وسعيد بن منصور وابن أبي شيبة وأحمد والترمذي وصححه ، والنسائي وابن ماجة وأبو يعلى وابن جرير وابن المنذر وابن أبي حاتم والطبراني وابن قانع والحاكم وصححه ، وابن مردويه وأبو نعيم والبيهقي معاً في الدلائل)
 “Dari Shafwa bi ‘Asal bahwa seorang Yahudi mengajak rekannya: “Mari kita dating ke Nabi ini”Dia menjawab: “Jangan mengatakan dia nabi, jika dia mengatakan kepadamu maka dia akan senang”Lalu keduanya mendatangi Rasulullah Saw mempertanyakan masalah 9 ayat yang jelas itu. Beliau bersabda: “9 ayat itu ialah:1.Jangan musyrik kepadda Allah sedikitpun juga, 2,Jangan mencuri, 3.Jangan berzina,  4..Jangan membunuh siapa yang diharamka oleh Allah kecuali di atas jalan ya benar, 5. Jangan menyeret seseorang yang bersih dibawa kepada penguasa untuk dibunuhnya, 6. Jangan melakukan sir,7. Jangan makan riba, 8.. Jangan menuduh zina seorang  perempuan suci  , 9. Jangan melarikn diri dari medan perjuangan.10. Khusus untutk kalian kaum Yahudi jangan menyimpang pada hari Sabtu” Shafwan berkata: “Mereka lalu mencium tangan dan kaki Rasulullah Saw lalu berkatat: “Kami bersaksi bhwa tuan adalah seorang  Nabi. Beliau bertanya: “Apayang menghalangi kalian untuk mengikuti kami? Meereka “N.Dawud berdo’a kepada Tuhan agar nabi- nabi it uterus menerus dari ketrunannya dan kami takut dibunu oleh kam Yahudi  jika mengikuti tuan”(HR Turmudzi no.2657).
Bagi kita umat Islam apa yang diperingatkan Allah dalam Al-Quran terurai dalam bab dua diatas dapat kita penuhi melalui peningkatan takwa kepada Allah  menepati apa yang benar Dan baik, menjauhi apa yang salah dan buruk menurt ukuran Allah. Taqabbalallah minna wa minkum taqabbal ya karim.
1)   Pemerintah (Snouch Horgronye) Belanda maka   Hukum  Islam Islam diganti dengan Hukum Adat dan Hukum Pidana&Perdata menggunakan Hukum Negara Belanda ,Hukum Eropa.

BAB  TIGA
Syarat  Calon  anggota  Legislatif&Pejabat
        Masalah ke-3: Bagaimana  syarat-syarat seorang Islam untuk menjadi kepala negara atau politikus?: Jawaban hipotetis: Syarat seorang untuk menjadi kepala negara atau politikus ialah: 1) Alim Soleh. 2) Jujur. 3) Adil. 4) Tidak mengikuti hawa nafsu.
Allah berfirman di dalam Al-Quran:
“Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan menyucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui"(S 2 Al-Baqarah 30).
“ Dan Dialah yang menjadikan kamu penguasa-penguasa di bumi dan Dia meninggikan sebahagian kamu atas sebahagian (yang lain) beberapa derajat, untuk mengujimu tentang apa yang diberikan-Nya kepadamu. Sesungguhnya Tuhanmu amat cepat siksaan-Nya, dan sesungguhnya Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”(S.6 Al-An’am 165)
       Tugas khalifah ialah melaksanakan apa yang dikehendaki Allah idealnya ialah mencari Ridho Allah, Mahabbah Allah.
Syarat-syarat Menjadi Kepala Negara Islam (Khalifah)
         Dalam Islam, kepala negara yang sah adalah khalifah. Kata khalifah ini kadang-kadang disebut imam. Gelarnya sendiri seringkali disebut dengan “Amirul Mukminin”. Maka Khalifah adalah orang yang mewakili umat dalam urusan pemerintahan dan kekuasaan dalam rangka menerapkan aturan-hukum Allah Swt-                                  .
       Untuk menjalankan aturan-hukum Allah mewakilkan urusannya ini kepada seseorang melalui Bai’at. Dalam Islam kekuasaan itu dibedakan dengan kedaulatan. Kekuasaan Islam berada di tangan umat (rakyat) sedangkan kedaulatan berada di tangan syariat (Allah). Dengan demikian, kekuasaan tetap berada di tangan umat, sebab orang yang akan memimpin umat adalah orang yang dipilih oleh umat secara ridha dan ikhlas. Kepala negara tersebut akan sah menjadi kepala negara setelah dilakukan bai’at kaum muslimin. Tanpa baiat, maka kepemimpinannya tidak sah-                           .
      Mencalonkan diri atau mencalonkan orang lain, atau juga bersaing untuk menjadi khalifah Hukumnya mubah. Tidak ada suatu dalil yang melarang akan hal ini. Namun demikian, hal ini tetap berbeda dengan yang terjadi dalam politik sekuler demokrasi. Dalam politik demokrasi, orang bersaing menjadi kepala negara bukan untuk menjalankan hukum Allah, tetapi untuk menjalankan hukum selain hukum Allah. Belum lagi, seringkali ambisi itu juga dibarengi dengan nafsu tamak untuk mencari popularitas, kekayaan, kehormatan, dan keuntungan-keuntungan duniawi lainnya. Dalam Islam, orang yang berambisi meraih jabatan kekhalifahan dengan motif dunia atau ingin menerapkan aturan bukan hukum Allah, maka akan ditolak. Tidak bisa orang seperti ini menjadi khalifah-                      .                                                                    Saqifah Bani Saidah (setelah wafat Rasul Saw) adalah contoh riil bagaimana para sahabat berlomba-lomba dalam kebaikan (menerapkan hukum Allah dan memimpin umat). Kita tentu tahu, bahwa yang namanya kepemimpinan itu sangat berat. Ancaman-hukuman jika keliru tidak hanya di dunia, tetapi juga di akhirat. Tetapi kenapa para sahabat bersaing untuk mendapatkan kepemimpinan? Ingat, para sahabat ingin meraih kepemimpinan umat adalah untuk menyatukan umat, agar umat tetap ada pemimpinnya. Para sahabat ingin menggantikan Rasulullah  Saw. dalam menerapkan hukum Islam, yaitu hukum Allah.Para sahabat ingin menerapkan Al-Quran&Sunnah.
@Tafsir Al-Manar (7h164) mengisyaratkan bahwa syarat kepala negara Islam harus mujtahid Ilmu sSari’ah; Pedoman yang lebih umum ialah amar ma’ruf nahi munkar (Qs3a104:s4a59), mengambil yang baik menolak yang madhorot.
      @   Syarat-syarat khalifah secara rinci diperselisihkan para ulama , pokoknya ialah: (1)muslim, (2)balig, (3)laki-laki, (4)berakal, (5)merdeka,(6)adil (7) mampu. (8) Afdholiyah (keutamaan /kelebihan: mujtahid, suku Quraisy, pemberani,  mahir ilmu taktik strategi-perang.
Qalqasyandi menyebutkan ada 14, Al-Mawardi menyebut ada 4, Ibnu Khaldun  ada 5 syarat.
Syarat Perlantikan Khalifah.
    Di dalam Sistem kenegaraan Islam hanya ada kedaulatan satukekuasan dan satu pemimpin sahaja melalui satu Bai’at, Jika lebih dari satu pemimpin maka  harus  segera  diselesaikan, jika perlu dengan kekerasan,  Rasul Saw bersabda:
عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا بُويِعَ لِخَلِيفَتَيْنِ فَاقْتُلُوا الْآخَرَ مِنْهُمَا (رواه مسلم 3444)    
“Dari Abu Sa'id Al Khudri dia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Apabila ada dua khalifah yang dibaiat, maka bunuhlah yang paling terakhir dari keduanya"(HR Muslim no.3444).
        Syart-syarat untuk menjadi pejabat  tingkat di bawah Khalifah, seperti Menteri, Gubernur, Bupati, Camat kebawah tentunya  disesuaikan dengan situasi dan kondisi atau permasalahannya, sehingga  kedudukan yang paling sederhana syaratnya lebih sederhana lagi; Misalnya mencari jodoh, maka Nabi Saw bersabda :
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ لِأَرْبَعٍ لِمَالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَجَمَالِهَا وَلِدِينِهَا فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّينِ تَرِبَتْ يَدَاكَ (رواه البخاري 4700 ومسلم 2661)
“Dari Abu Hurairah radliallahu 'anhu, dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Wanita itu dinikahi karena empat hal, karena hartanya, karena keturunannya, karena kecantikannya dan karena agamanya. Maka pilihlah karena agamanya, niscaya kamu akan beruntung"(HR Bukhari no.4700 dan Muslim no.2661).
       Sebagai  penutup kita renungkan firmanAllah berikut:
إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ اللَّهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَإِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ ءَايَاتُهُ زَادَتْهُمْ إِيمَانًا وَعَلَى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ(2)الَّذِينَ يُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ(3)أُولَئِكَ هُمُ الْمُؤْمِنُونَ حَقًّالَهُمْ دَرَجَاتٌ عِنْدَ رَبِّهِمْ وَمَغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ كَرِيمٌ(4)(الانفال 2-4)
 "Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu adalah mereka yang apabila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya) dan kepada Tuhan-lah mereka bertawakal,)8:3( (yaitu) orang-orang yang mendirikan salat dan yang menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka.)8:4( Itulah orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya. Mereka akan memperoleh beberapa derajat ketinggian di sisi Tuhannya dan ampunan serta rezeki (nikmat) yang mulia”(S.8 Al-Anfal 2-4).

0 komentar:

Poskan Komentar

Pengunjung Ke-

Ada kesalahan di dalam gadget ini

About Me

Template by KangNoval & Abdul Munir | blog Blogger Templates